SUARA INDONESIA

Hadiri Pagelaran Wayang di Desa Ciwuni, Ketua DPRD Cilacap Ajak Masyarakat Bangga dan Lestarikan Budaya

Satria Galih Saputra - 19 May 2024 | 11:05 - Dibaca 631 kali
News Hadiri Pagelaran Wayang di Desa Ciwuni, Ketua DPRD Cilacap Ajak Masyarakat Bangga dan Lestarikan Budaya
Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat memberikan sambutan saat menghadiri pagelaran wayang semalam suntuk dalam acara sedekah bumi di Desa Ciwuni, Kecamatan Kesugihan. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat menghadiri pagelaran wayang semalam suntuk yang digelar pemerintah desa (Pemdes) Ciwuni, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Sabtu (18/5/2024) malam.

Pagelaran wayang tersebut diketahui merupakan rangkaian kegiatan sedekah bumi, dimana merupakan tradisi budaya warga masyarakat desa setempat dan rutin digelar setiap tahunnya, tepatnya di bulan apit. 

Tampak dalang Ki Guntur Riyanto dari Maos sukses menghibur ribuan warga masyarakat setempat yang datang melalui suguhan wayang yang dimainkannya. 

Antusias warga pun terlihat dengan datang berbondong-bondong ke lapangan di malam hari untuk menyaksikan wayang tersebut bersama dengan Ketua DPRD Cilacap tersebut.

Ketua DPRD Taufik Nurhidayat saat ditemui usai menyaksikan wayang bersama warga mengaku senang bisa hadir berbaur dengan warga dan mengapresiasi kegiatan budaya jawa yang digelar oleh Pemdes Ciwuni tersebut.

"Kebetulan saya suka datang pada saat desa mengadakan ruwatan bumi dan menampilkan pagelaran wayang. Dan saya melihat di Ciwuni luar biasa warganya tumplek blek (red, tumpah ruah)," kata Taufik. 

"Bukan hanya bapak-bapaknya saja tapi ibu-ibunya juga antusias datang menyaksikan wayang. Artinya produk budaya kita disukai oleh masyarakat, ini menjadi hal yang positif. Kita dukung tentunya," imbuhnya.

Oleh sebab itu, dalam kesempatannya kader PDI Perjuangan Cilacap ini mengajak seluruh warga masyarakat untuk merawat warisan budaya jawa tersebut dan harus bangga. "Maka dari itu, kita harus bangga dengan cara melestarikannya atau dalam istilah jawa nguri-nguri budaya," ujar Taufik.

"Jadi salah satu hebatnya sebuah bangsa kalau masyarakatnya mau menanamkan nilai-nilai budaya, dan sangat disayangkan kalau masyarakat kita tidak bangga dengan budayanya," tandasnya.

Sementara Kepala Desa Ciwuni Ngadiman berharap melalui sedekah bumi ini, dapat membawa keberkahan bagi warga masyarakat setempat.

"Jadi sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur warga masyarakat atas limpahan nikmat dan rahmat yang telah diberikan oleh Tuhan YME baik itu kesehatan, keselamatan, serta hasil alam yang melimpah selama ini," katanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV