SUARA INDONESIA

Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Tapteng Bantu Petani Alsintan dan Benih Padi

Lamhot Naibaho - 29 May 2024 | 21:05 - Dibaca 448 kali
News Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Tapteng Bantu Petani Alsintan dan Benih Padi
Pj Sekdakab Tapteng Erwin Hotmansah Harahap, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani di Kantor Dinas Pertanian. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TAPTENG - Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Tengah (Tapteng) Erwin Hotmansah Harahap, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan benih padi kepada kelompok tani di kabupaten setempat. Penyerahan itu berlangsung di Dinas Pertanian Tapteng, Rabu (29/05/2024).

Penyerahan bantuan yang bersumber dari APBN ini, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pada lahan pertanian. Sebab, sektor pertanian di Tapteng cukup potensial. Luas lahan sawah mencapai 13.877 hektare dengan produktivitas padi 4,58 ton/hektare gabah kering giling (GKG).

Selain itu, juga tercatat ada sebanyak 762 kelompok tani dengan jumlah penyuluh pertanian 60 orang yang tersebar di 20 kecamatan.

“Melihat potensi ini, perlu ada upaya dan strategi yang dilakukan pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan produktivitas pada lahan pertanian tersebut,” ujar Erwin.

Menurutnya, salah satu bentuk kepedulian pemerintah adalah pemberian bantuan alsintan dan benih padi pada kelompok tani tersebut. Berupa pompa air tujuh unit yang dapat digunakan dalam proses pengairan sawah. Sementara jumlah pemberian benih padi mencapai 25 ribu kg kepada 73 kelompok tani .

"Bantuan ini harus kita syukuri. Saya juga anak petani salak dan berharap kepada bapak ibu kelompok tani, kiranya bantuan ini dapat disimpan dan dirawat agar umur ekonomisnya bertahan lama,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV