SUARA INDONESIA

Juni Bulan Bung Karno, Bupati Sumenep Minta ASN Ngantor Pakai Peci Nasional

Wildan Mukhlishah Sy - 01 June 2024 | 07:06 - Dibaca 725 kali
News Juni Bulan Bung Karno, Bupati Sumenep Minta ASN Ngantor Pakai Peci Nasional
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, mengeluarkan surat edaran (SE) tentang memperingati Bulan Bung Karno atau hari lahir Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno.

Dalam SE tersebut, Fauzi meminta agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk OPD, Pimpinan BUMD dan jajarannya, di Sumenep, menggunakan peci nasional atau kopiah hitam, saat ngantor selama Bulan Juni. 

Dia menyebut, selain dikenal sebagai bapak proklamator, Ir Soekarno merupakan sosok yang memiliki jasa besar atas kemerdekaan Republik Indonesia. 

Maka dari itu, melalui SE tersebut, dia ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghargai jasa dan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh Ir Soekarno. Baik, keberagaman, filosofi hingga Pancasila. 

Ia menyatakan, tak hanya di wilayah Indonesia, akan tetapi Ir Soekarno berhasil mempopulerkan peci nasional itu di beragam negara luar. Sehingga, kopiah tersebut seolah telah menjadi ciri khas Indonesia, khususnya Bung Karno. 

“Ada banyak nilai-nilai yang telah ditanamkan Bung Karno. Diantaranya, meningkatkan pemahaman tentang sejarah, filosofi dan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, memperkokoh semangat kebangsaan dan inklusi sosial ditengah kontestasi nilai,” katanya. 

Fauzi juga menambahkan, terdapat banyak peristiwa penting di Bulan Juni yang berkaitan langsung dengan sosok Presiden pertama Republik Indonesia tersebut, antara lain, 1 Juni lahirnya Pancasila yang diprakarsai oleh Bung Karno; 6 Juni, merupakan tanggal lahirnya Bung Karno; dan 21 Juni, wafatnya Bung Karno.

"Banyak peristiwa dan tanggal penting dalam hidupnya yang terjadi pada Bulan Juni. Maka, Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno. Peristiwa-peristiwa,” tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV