SUARA INDONESIA

Kemenag Kabupaten Jombang Gencarkan Pendampingan Progam Kampung Zakat

Gono Dwi Santoso - 07 June 2024 | 11:06 - Dibaca 582 kali
News Kemenag Kabupaten Jombang Gencarkan Pendampingan Progam Kampung Zakat
Kepala Kemenag Kabupaten Jombang Muhajir saat memberikan sambutan di kegiatan pendampingan kampung zakat di Desa Kromong, Kecamatan Ngusikan, Kamis (06/06/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Mengajak masyarakat Jombang sadar zakat, Kemenag Kabupaten Jombang menghadiri pendampingan Program Kampung Zakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pancasila, di Dusun Banyuasin, Desa Kromong, Kecamatan Ngusikan, Kamis (06/06/2024).

Dimana dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 orang dari warga Dusun Banyuasin mengikuti kegiatan pendampingan program ini. Mereka adalah warga yang memiliki usaha toko kelontong di rumah masing-masing.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Jombang Muhajir mengatakan, dasar pemikiran program kampung zakat adalah keinginan untuk mengubah masyarakat yang awalnya sebagai penerima zakat menjadi pembayar zakat.

“Intinya adalah kita ingin mengubah masyarakat yang awalah sebagai mustahiq zakat menjadi muzakki, melalui berbagai program yang sudah kita susun,” terangnya.

Muhajir menceritakan, pada Ramadan 1445 H lalu, pihaknya telah memberikan bantuan empat ekor kambing kepada warga Banyuasin dan dua kambing dilaporkan telah beranak, satu lagi akan beranak.

“Sesungguhnya bantuan yang kita berikan ini nilainya tidak seberapa, kita berharap dengan yang tidak seberapa, lalu bareng-bareng kita garap supaya masyarakat ekonominya lebih sejahtera, insya Allah bisa,” tambahnya.

Muhajir mengatakan dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan usaha produktif untuk para pelaku usaha toko kelontong senilai Rp 2.000.000.

Meski nilainya belum besar, namun pihaknya berharap bisa bermanfaat untuk pengembangan usaha dan akan dievaluasi serta diharapkan akan bergulir untuk saling membantu warga masyarakat lainnya.

“Tidak ada kewajiban untuk mengembalikan, tapi panjenengan yang sudah dibantu punya inisiatif menyiapkan kotak, tiap hari memasukkan dari keuntungan 2000 saja perhari, niatnya sedekah, setahun sudah banyak, bisa digunakan untuk membantu saudara lain yang membutuhkan, nanti bergulir terus,” terang Muhajir.

Muhajir mengharapkan dengan program ini dari sisi kesejahteraan masyarakat akan lebih baik karena beberapa program yang dilakukan adalah bagaimana membantu ekonomi masyarakat Desa Kromong ini bisa menjadi lebih baik.

"Bantuan yang sudah kita berikan diantaranya kemarin hewan ternak, bantuan untuk pelaku usaha toko kelontong,bantuan menyiapkan bahan bahan pertanian kita berharap program program ini bisa meningkatkan perekonomian di Desa Kromong Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Kromong, Hermawan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemenag Kabupaten Jombang atas program dari kampung zakat yang sudah beberapa kali memberikan bantuan ke Desa kami.

"Sudah memberikan bantuan kepada masyarakat kami salah satunya,seragam sekolah, memberikan bantuan peternakan , pertanian dan hari ini bantuan kepada toko kelontong mudah mudahan dengan adanya program kampung zakat ini masyarakat kami bisa semakin lebih baik dan bisa memberikan zakat kepada orang lain," tutupnya.

Sementara itu penerima bantuan Surya Shinta Dewi usaha toko kelontong mengatakan bantuan ini akan dibuat untuk tambahan modal usaha toko kelontongnya .

"Terimakasih atas bantuannya semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa nambahin untuk modal usaha toko kelontong kami," pungkasnya.(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV