SUARA INDONESIA

Permudah Mobilisasi Hasil Pertanian, Pemdes Pagaran Honas Bangun Jalan Usaha Tani

Lamhot Naibaho - 21 June 2024 | 12:06 - Dibaca 1.07k kali
News Permudah Mobilisasi Hasil Pertanian, Pemdes Pagaran Honas Bangun Jalan Usaha Tani
Camat Badiri, Ahmad Saofi Pasaribu, didamping Kepala Desa Pagaran Honas, meninjau bangunan jalan usaha tani di Badiri, Tapteng, Sumut. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TAPTENG - Memperlancar akses transportasi masyarakat di sektor pertanian, Pemerintah Desa Pagaran Honas, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, membangun jalan usaha tani (JUT) di Dusun 1 desa setempat.

Untuk memastikan pembangunan berjalan lancar, Camat Badiri, Ahmad Saofi Pasaribu, didampingi Kepala Desa Pagaran Honas, Herianto, meninjau proses pekerjaan yang sedang berlangsung, Jumat (21/6/2024).

Saat peninjauan, Ahmad Saofi Pasaribu mengungkapkan, keberadaan akses jalan ini sangat dibutuhkan, sebagai upaya mobilisasi hasil pertanian hingga peningkatan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

“Alhamdulillah, pekerjaan sudah dimulai selama empat hari, dan berjalan lancar dan harapan kami semoga jalan ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Saya berpesan jalan ini dirawat, agar bertahan lama,” tutur Camat Badiri di lokasi.

Kepala Desa Pagaran Honas Herianto menyampaikan, anggaran pembangunan JUT tersebut bersumber dari dana desa (DD) 2024.

Herianto berharap dengan pembangunan jalan itu dapat memberi manfaat kepada masyarakat, serta mempermudah akses usaha pertanian dan meningkatkan perekonomian warga.

Selain itu, ia menambahkan, jalan ini juga akan memperluas daya jangkau distribusi hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani di Desa Pagaran Honas.

“Ini anggaran dana desa tahun 2024 , untuk panjang 176,60 meter dengan pagu Rp 220.640.000. Dan lebar tiga meter dengan ketebalan 15 sentimeter,” ujarnya.

Salah satu pekerja di lokasi pembangunan menyatakan, hingga hari keempat pekerjaan jalan, sudah mencapai lebih dari 50 meter. Dia berharap, tidak ada kendala yang berarti di kemudian hari.

“Hingga saat ini, kendala kami tidak ada. Hanya akses ini saja kalau hujan jadi licin, namun untuk mengangkut material ke lokasi, masih bisa dicoba,” ujar Andrianus Laoli.

Senada dengan ucapan pekerja tadi, Kepala Dusun 1 Pagaran Honas, Siarjun Zebua juga menyebutkan, mereka yang bekerja di lokasi ini adalah asli warga setempat. Dan hingga hari keempat ini, antusiasme warga dalam kegiatan cuup besar.

“Kalau pekerja kami semua warga Pagaran Honas, kalau saat ini empat orang dilibatkan dalam pekerjaan ini per harinya,” ucapnya.

Bayasuri Zendrato, warga Dusun 1 Pagaran Honas, mengucapkan terima kasih pada pemerintah desa saat di lokasi ini. Dia juga mengatakan, akhirnya jalan akses masyarakat untuk ke lahan ini bisa di rabat beton.

“Kami bersyukur dan ikut senang lah dengan dibangunnya rabat beton ini, jadi kami tidak ingin lagi nanti bila membawa hasil panen melintas dari jalan tanah ini, karena sebelumnya ini sangat licin kalau hujan turun,” ucapnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV