SUARA INDONESIA

Mudik Lebaran Nyaman dan #Cari_aman, Berikut Persiapannya

Redaksi - 25 March 2024 | 11:03 - Dibaca 320 kali
Otomotif Mudik Lebaran Nyaman dan #Cari_aman, Berikut Persiapannya
Ilustrasi pengendara saat mudik lebaran. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Mudik lebaran merupakan tradisi yang sudah melekat dalam budaya masyarakat Indonesia. Pemerintah pun telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik. Selain pemerintah, para bikers juga perlu mempersiapkan diri serta transportasi yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. 

Beragam pilihan transportasi perlu dicermati dengan tepat untuk mengantarkan keluarga bersilahturahmi, salah satunya menggunakan sepeda motor.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para bikers yang ingin berkendara saat mudik lebaran.

1. Kondisi Kendaraan. 

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan sehat. Sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan sepeda motor sebelum dibawa mudik lebaran. Perawatan motor lebih awal bisa mengurangi resiko kecelakaan yang diakibatkan oleh factor kendaraan, selain itu juga dengan melakukan perawatan secara rutin, kendaran selalu prima dan berkendara menjadi aman. Para bikers bisa melakukan perawatan di bengkel AHASS terdekat. Menjelang musim mudik lebaran.

2. Route Planning. 

Rencanakan perjalanan, persiapkan planing perjalanan dengan matang untuk menghidari area-area yang resiko terjadi kecelakaan tinggi seperti tujuan perjalanan, jalan yang dilalui, dan tempat istirahat. 

Selain rute perjalanan, perlu dipersiapkan juga rute perjalanan sehingga dapat mengatur kecepatan kendaraan sesuai kebutuhan seperti mengetahui tempat istirahat setelah berkendara selama 2 jam perjalanan. 

3. Persiapan Fisik dan Psikis. 

Perjalanan mudik dengan motor bukanlah hal yang mudah dilakukan. Butuh kesiapan fisik yang prima, skil berkendara yang memadai dan emosi yang stabil sebelum melakukan perjalanan jauh. Apalagi saat mudik lebaran kondisi jalan macet. 

“Berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, namun perlu diingat beberapa hal untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat," kata Suhari selaku Marketing Communication and Development Division Head MPM Honda Jatim.

"Jika berencana mudik lebaran naik motor, sebaiknya lakukan persiapan dengan baik. Tak hanya kendaraan, tapi juga persiapan fisik yang prima karena akan menempuh perjalanan cukup jauh agar #Cari_Aman saat berkendara mudik lebaran," tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV