SUARA INDONESIA

Warga Probolinggo Dilarang Buang Sampah Siang Hari, Ini Sebabnya

Lutfi Hidayat - 16 February 2021 | 14:02 - Dibaca 1.55k kali
Peristiwa Daerah Warga Probolinggo Dilarang Buang Sampah Siang Hari, Ini Sebabnya
Baner Larangan Pembuangan Sampah Pada Jam Operasional di TPS Semampir

PROBOLINGGO - Larangan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada jam operasional, mulai diberlakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo.

Hal itu dilakukan untuk pemeliharaan kebersihan TPS saat jam operasional berlangsung.

Pemasangan baner pengumuman larangan pembuangan sampah menurut Kepala DLH, Dwijoko Nurjayadi, telah dipasang di lokasi TPS untuk diketahui oleh warga.

"Saat jam operasional pengangkutan sampah, praktis warga tidak lagi dibolehkan membuang sampah pada siang hari," ungkapnya, Selasa (16/02/2021).

Larangan pembuangan sampah di TPS pada jam operasional berlaku mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. 

Warga dibolehkan membuang sampah di TPS di luar jam tersebut, yakni sejak pukul 15.00 - 07.00 WIB.

Peraturan tersebut, kata Dwijoko bertujuan agar tumpukan sampah di TPS bisa lebih terawat dan lebih bersih saat pengangkutan. 

Selama ini, lanjut Dwijoko pengangkutan sampah kurang efektif karena tidak adanya pembatasan jam pembuangan sampah bagi warga.

"Seperti di TPS Semampir misalnya, sampah yang sudah diangkut dan bersih tak sampai satu jam ada yang buang lagi. Jadinya seperti kami kerja (pengangkutan sampah-red) tak habis-habis. Dengan adanya jam pembuangan sampah malam hari kan enak, paginya bisa langsung kami ambil," ungkapnya.

Peraturan itu juga telah disertai sanksi bagi warga yang melanggar. Bagi warga yang tidak mengindahkan peraturan tersebut akan dijatuhi sanksi administrasi hingga pidana.

"Sanksinya adminstrasi sampai tindak pidana ringan (tipiring). Karena sudah diatur dalam Perda Kabupaten Probolinggo Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah," tegas Dwijoko.

Pihak DLH Kabupaten Probolinggo mengimbau warga membuang sampah ke dalam lokasi TPS, agar area pinggir jalan depan TPS tetap terjaga dan bersih dari tumpukan sampah.

"Saat ini kan musim hujan. Kami harap sampah warga benar-benar di buang di dalam TPS, agar terlindung dari hujan dan tidak terbawa arus air," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV