SUARA INDONESIA

Wow! Jember Kembali Masuk Level 3

Wilda Natasya - 05 October 2021 | 19:10
Peristiwa Daerah Wow! Jember Kembali Masuk Level 3

JEMBER- Pemerintah Pusat kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan  Masyarakat (PPKM) hingga 18 Oktober mendatang. Jika sebelumnya sempat berada di level 1, Kabupaten Jember saat ini kembali masuk dalam level 3 zona perserbaran virus Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr. Lilik Lailiyah, saat melakukan pers rilis di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya terdapat banyak indikator yang menjadi penentu zona level penyebaran kasus Covid-19, diantaranya. Jumlah kasus positif dan capaian vaksinasi.

"Hari ini kita mendapatkan kabar yang tidak mengenakkan bagi kita. Kabupaten Jember yang awalnya level 1 sekarang menjadi level 3," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, Tim Satgas Covid-19 telah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan status Kabupaten Jember di level satu.

Namun, hingga saat ini jumlah vaksinasi masih berada di angka 26,53 persen yang artinya belum mencapai 50 persen, baik dosis satu maupun lansia. Sehingga Jember terpaksa naik status menjadi level 3.

"Faktor penyebabnya adalah capaian vaksinasi yang masih belum 50 persen. Kita sebelumnya diberikan waktu 4 hari untuk mencapai target itu, kita sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi hanya naik sedikit," jelasnya.

Pemerintah memiliki banyak PR yang harus dituntaskan untuk menyelesaikan target vaksinasi, yakni ketersediaan vaksin, vaksinator, sasaran dan sistem pelaporan.

Untuk itu, pihaknya menegaskan agar setiap elemen pemerintahan mulai dari RT/RW saling bersinergi dalam upaya percepatan vaksinasi. Selanjutnya pemerintah akan mulai melakukan pendataan secara ketat untuk menjemput bola sasaran vaksinasi.

"Nanti semua perangkat dari RT/RW dan Desa kami minta untuk melakukan pendataan alamat dan sasaran vaksinasi. Kita akan mulai melakukan jemput bola, jadi tidak lagi menunggu," terangnya.




Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV