SUARA INDONESIA

Masjid Agung Bangkalan, Keindahan Arsitektur dan Sejarah Islami Pulau Madura

Aditya - 02 July 2024 | 19:07 - Dibaca 1.56k kali
Wisata Masjid Agung Bangkalan, Keindahan Arsitektur dan Sejarah Islami Pulau Madura
Masjid Agung Bangkalan. (Foto: Instagram/@abdie_banjarie)

SUARA INDONESIA, BANGKALAN- Masjid Agung Bangkalan, atau dikenal juga dengan nama resmi Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan, merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang membanggakan dari kerajaan Islam di Pulau Madura.

Dibangun pada tahun 1819, masjid ini tidak hanya menjadi pusat ibadah utama di Bangkalan tetapi juga sebuah ikon keagamaan dan kebudayaan yang penting.

Masjid Agung Bangkalan didirikan pada tahun 1819 Masehi, menjadikannya salah satu masjid tertua dan paling bersejarah di Madura.

Dengan luas mencapai 11.527 meter persegi, masjid ini mampu menampung hingga 5000 jemaah dalam satu waktu.

Keunikan utama dari Masjid Agung Bangkalan adalah bentuk atapnya yang tidak mengikuti kubah tradisional, melainkan menampilkan atap bergaya rumah tradisional Jawa.

Hal ini menambah pesona dan keunikan tersendiri bagi masjid ini.

Salah satu daya tarik utama bagi pengunjung adalah arsitektur Masjid Agung Bangkalan yang kaya akan ukiran seni.

Dinding-dinding masjid dipenuhi dengan ukiran yang rumit dan indah, mencerminkan keahlian tangan-tangan pengrajin lokal yang sangat terampil.

Keindahan ukiran ini tidak hanya menambah nilai estetika bangunan tetapi juga menjadi bukti jelas dari kejayaan seni ukir tradisional Jawa yang masih terjaga hingga hari ini.

Masjid Agung Bangkalan terletak di Jalan Sultan R Jl. Sultan Abd. Kadirun No.5, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Lokasinya yang strategis membuat masjid ini mudah diakses oleh para pengunjung dari berbagai penjuru.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah utama, masjid ini juga sering menjadi tujuan wisata bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan Islam di Madura.

Masjid Agung Bangkalan bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga sebuah warisan berharga yang menunjukkan kekayaan sejarah dan kebudayaan Pulau Madura.

Dengan arsitektur yang memukau dan nilai sejarah yang tinggi, masjid ini layak untuk dikunjungi dan dieksplorasi oleh siapa pun yang tertarik dengan keindahan seni dan sejarah Islam di Indonesia.

Dengan mengeksplorasi Masjid Agung Bangkalan, Anda tidak hanya akan menyaksikan keindahan arsitektur yang unik tetapi juga merasakan kedamaian spiritual dalam suasana yang tenang dan penuh makna.

Jadikan kunjungan Anda ke Masjid Agung Bangkalan sebagai pengalaman yang memperkaya pengetahuan dan kehidupan spiritual Anda. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV