SUARA INDONESIA

Cingpoling, Kesenian Purworejo yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021

Widiarto - 31 October 2021 | 20:10
Budaya Cingpoling, Kesenian Purworejo yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021

PURWOREJO - Kesenian Cingpoling di Purworejo, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya takbenda (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2021 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, pada 26-30 Oktober.


Dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 menghasilkan rekomendasi sebanyak 289 karya budaya menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2021 dari 28 provinsi.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, mengatakan, kesenian Cingpoling merupakan salah satu kesenian asli Purworejo yang diperkirakan muncul pada masa penjajahan Belanda sejak abad XVII di Desa Kesawen Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. Pada saat itu Desa Kesawen Kecamatan Pituruh masuk dalam wilayah Kadipaten Karangduwur.

"Kesenian ini merupakan penggambaran penyamaran gladi keprajuritan dari para pengawal Demang Kesawen saat melakukan Pisowanan dalam bentuk tarian," kata Woro, saat dikonfirmasi kontributor suaraindonesia.co.id, pada Minggu (31/10/2021).

Dijelaskan, proses seleksi dilakukan secara berjenjang, yakni seleksi administrasi oleh Sekretariat Warisan Budaya Takbenda, rapat usulan kesatu dan kedua oleh Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda, serta verifikasi dan pemaparan usulan oleh dinas terkait di tingkat provinsi/kota/kabupaten yang mewakili.

"Pada tahap awal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo telah mengusulkan kesenian Cingpoling Desa Kesawen Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo pada tahun 2020 untuk dicatat sebagai warisan Budaya Takbenda Indonesia. Untuk dapat ditetapkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo juga mengirimkan data dokumentasi foto dan video, dan kajian akademis untuk kebutuhan administrasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang selanjutnya diusulkan ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek," jelasnya.

Dengan di tetapkannya kesenian Cingpoling, menambah kekayaan budaya Kabupaten Purworejo yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia setelah sebelumnya Jolenan Somongari pada Tahun 2016 dan Dolalak Pada tahun 2019.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV