SUARA INDONESIA

Tersedot Pesona Topeng Dalang, Duta Budaya Indonesia Sambangi Keraton Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 27 January 2024 | 12:01 - Dibaca 401 kali
News Tersedot Pesona Topeng Dalang, Duta Budaya Indonesia Sambangi Keraton Sumenep
Sejumlah perwakilan Duta Budaya Indonesia, saat berkunjung ke Keraton Sumenep. (Foto: Wildan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Sejumlah perwakilan dan finalis Duta Budaya Indonesia menyambangi Keraton Kabupaten Sumenep, dalam rangka pelestarian kebudayaan dan pengembangan sejumlah ekonomi kreatif di wilayah setempat. 

Ketua Dewan Pengawas Yayasan Duta Budaya Indonesia Afrizal Prasadana menjelaskan, pemilihan Kabupaten Sumenep sebagai wilayah kunjungan, tidak lain karena pihaknya merasa tersedot akan kebudayaan yang ditampilkan oleh Ale Hatan, selaku Juara Duta Budaya Indonesia 2023.

Diketahui kebudayaan yang ditampilkan oleh Duta Budaya perwakilan dari Kabupaten Sumenep itu adalah Topeng Dalang, sebuah kesenian tradisional, yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat setempat. 

Selain ke Keraton Sumenep, pihaknya juga akan melakukan kunjungan ke beberapa wisata yang dikenal menonjolkan nilai kebudayaan di Kabupaten Sumenep, seperti Desa Wisata Aeng Tong-tong. 

"Kebudayaan yang ditampilkan oleh Ale Hatan ini, membuat kami tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Kami ingin menyaksikan secara langsung kesenian Topeng Dalang," jelasnya, saat dikonfirmasi oleh sejumlah media, Sabtu (27/01/2024). 

Lebih lanjut, terkait pengembangan ekonomi kreatif (Ekraf), Yayasan Duta Budaya Indonesia telah melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, untuk menampilkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Sumenep di sejumlah gerai pengelolaannya. 

Afrizal menambahkan, para Duta Budaya Indonesia yang bertandang ke Kabupaten Sumenep, juga akan membantu mempromosikan beragam potensi yang dimiliki oleh Kota Keris, baik dari segi kebudayaan, kesenian, ekonomi kreatif hingga wisata, melalui berbagai platform media sosial mereka. 

"Itu langkah awalnya, kita bantu kenalkan kekayaan atau potensi di Sumenep ke masyarakat, khususnya dari segi kebudayaan," ucapnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menyambut baik kunjungan dari para perwakilan Duta Budaya Indonesia ke Sumenep. Menurutnya, Pemkab Sumenep akan selalu mendukung segala kegiatan yang memberikan dampak positif pada pelestarian kebudayaan.

Dia juga mengklaim, Sumenep memang memiliki beragam kekayaan budaya yang bisa dieksplor dan dikenalkan kepada masyarakat luas. 

Maka dari itu, ia berharap agar dapat tercipta kolaborasi yang apik dari seluruh Duta Budaya Indonesia, guna mengenalkan kebudayaan di setiap wilayah nusantara, termasuk Sumenep. 

"Semoga kita bisa bersama-sama mengenalkan dan melestarikan kebudayaan yang ada kepada generasi-generasi selanjutnya, tentunya melalui kegiatan yang positif," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV