SUARA INDONESIA

Unik! TPS di Desa Karangbenda Cilacap Didesain Layaknya Tempat Hajatan Pernikahan

Satria Galih Saputra - 12 February 2024 | 22:02 - Dibaca 1.47k kali
News Unik! TPS di Desa Karangbenda Cilacap Didesain Layaknya Tempat Hajatan Pernikahan
TPS di Desa Karangbenda Cilacap terlihat layaknya tempat hajatan pernikahan. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ada yang menarik jelang pencoblosan pada Pemilu 14 Februari 2024 di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dimana, di wilayah tersebut terdapat tempat pemungutan suara (TPS), namun cukup menarik perhatian. 

Tempat pemungutan suara (TPS) 09 yang berlokasi di Jalan Patra Baya Gerumbul Sodong RT 02 RW 04, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala ini terlihat unik dan menarik, berbeda dengan TPS pada umumnya. 

Pasalnya, tempat pemungutan suara itu didesain oleh panitia penyelenggara seperti layaknya tempat hajatan pernikahan. Mulai dari dekorasi hingga petugas pemungutan suara yang nanti akan mengenakan pakaian adat jawa pada saat pelaksanaan pencoblosan pada Rabu (14/2/2024). 

Ketua KPPS 09 Desa Karangbenda, Maryono mengungkapkan, bahwa pihaknya memang sengaja mendesain TPS seperti tempat pernikahan untuk menarik partisipasi dari pemilih. 

"Jadi tujuannya supaya menarik minat warga disini untuk datang mencoblos ke TPS," ujar Maryono saat dikonfirmasi, Senin (12/2/2024). 

Sementara itu, terkait pakaian adat jawa yang nanti akan dikenakan oleh petugas KPPS, Maryono mengatakan, bahwa pihaknya ingin tampil beda dan bermaksud untuk melestarikan budaya Jawa. 

"Besok seluruh petugas KPPS 09 memakai pakaian khas Cilacap yaitu batik lurik. Ini inisiatif para anggota KPPS sendiri. Tujuannya nguri-nguri budaya," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Maryono mendorong kepada seluruh warga untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih dengan baik. "Harapannya tidak ada warga yang golput," singkat pria paruh baya ini. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV