SUARA INDONESIA

Residivis Jambret Warga Jangkar Situbondo Jadi Tersangka Kasus Pencurian Kayu Sonokeling

Syamsuri - 16 March 2024 | 17:03 - Dibaca 578 kali
News Residivis Jambret Warga Jangkar Situbondo Jadi Tersangka Kasus Pencurian Kayu Sonokeling
Kendaraan roda tiga yang digunakan mengangkut enam batang kayu sonokeling saat diamankan di Mapolres Situbondo. (Foto : Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Penyidik Satreskrim Polres Situbondo akhirnya menetapkan Alwiyanto (28), warga Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, sebagai tersangka.

Sebelumnya, Alwiyanto telah menjalani pemeriksaan secara maraton atas kasus pencurian enam batang kayu sonokeling di kawasan hutan Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

"Ternyata setelah dicocokkan oleh tim ahli dari Perhutani KPH Bondowoso, enam batang kayu sonokeling identik dengan tunggak di kawasan hutan Kayumas, sehingga Alwiyanto ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kasatreskrim Polres Situbondo, AKP Momon Suwito Pratomo, Sabtu (16/3/2024).

Menurutnya, pria yang juga merupakan residivis kasus pengeroyokan dan jambret itu, dijerat dengan pasal 12 huruf e juncto pasal 83 ayat (1) huruf b UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

"Sehingga yang bersangkutan diancam dengan hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda Rp 2,5 miliar," pungkasnya.

Informasi yang diterima media ini, terungkapnya kasus pencurian itu bermula saat Alwiyanto diketahui mengangkut enam batang kayu sonokeling. Ini berawal saat petugas gabungan antara Perhutani dan Resmob Polres Situbondo sedang melakukan patroli.

Petugas saat itu mendapat informasi ada kendaraan roda tiga yang sedang mengangkut kayu dari kawasan hutan Kayumas menuju ke bawah.

Petugas gabungan yang melakukan patroli langsung melakukan pengejaran, hingga akhirnya berhasil menghadang dan menangkap pelaku tersebut.

Selain menangkap Alwiyanto, petugas juga mengamankan barang bukti berupa motor roda tiga berwarna biru dan enam batang kayu sonokeling. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV