SUARA INDONESIA

Arus Balik, Pelabuhan Ketapang Dipadati Pemudik Menyeberang ke Pulau Bali

Muhammad Nurul Yaqin - 14 April 2024 | 15:04 - Dibaca 5.37k kali
News Arus Balik, Pelabuhan Ketapang Dipadati Pemudik Menyeberang ke Pulau Bali
Pemudik yang mengendarai roda dua memadati tenda di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (14/3/2024). Mereka akan kembali ke perantauan di Bali. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Didominasi kendaraan roda dua, pemudik dari Jawa mulai memadati Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menyeberang ke Pulau Bali, Minggu (14/4/2024).

Mereka hendak kembali ke perantauan setelah melangsungkan mudik Lebaran beberapa hari yang lalu.

Memasuki H+4 Lebaran ini, arus balik di Pelabuhan Ketapang terlihat cukup ramai sejak pagi. Hampir seluruhnya membawa tas menumpuk.

Tiba di pelabuhan, kendaraan roda dua ditampung di tenda besar. Mereka tak perlu menunggu lama untuk bisa masuk kapal. Rata-rata hanya sekitar 20 menit. 

Para pemudik ini memilih balik lebih awal dengan sejumlah alasan. Salah satunya, jadwal masuk sekolah sudah tiba. Lalu, aktivitas kantor mulai normal. 

“Selasa besok (16/4/2024), anak-anak masuk sekolah. Jadi, harus kembali ke Bali," kata Supriono, pengendara roda dua asal Jember. 

Alasan lainnya, jadwal kerja sudah mulai normal. Terutama, sektor swasta. Sehingga, harus segera kembali ke tempat bekerja.  

“Liburnya hanya sampai hari ini. Besok (Senin) harus masuk," kata Wiwik, pemudik yang bekerja sebagai penjaga toko di Denpasar, Bali. 

Data dari Posko Pelabuhan Ketapang, hingga H+3 Lebaran, jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang ke Bali mencapai 41.725 orang. Sedangkan roda dua sebanyak 5.930 orang dan roda empat mencapai 4.580 orang. 

Jumlah ini meningkat dibandingkan sehari sebelumnya. Penumpang pejalan kaki sebanyak 34.025 orang, roda dua 3.980 unit dan roda empat 3.867 unit. 

Peningkatan penumpang juga terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Sepanjang H+3 Lebaran, jumlah penumpang yang menyeberang ke Jawa mencapai 33.138 orang. Sedangkan roda dua 1.939 dan roda empat sebanyak 4.609 unit. 

Peningkatan penumpang dari dua sisi pelabuhan ini diprediksi akan terus berlanjut seiring berakhirnya libur panjang Lebaran.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV