SUARA INDONESIA

Dewan Pers: Jumlah Mengaku-ngaku Wartawan Jauh Lebih Banyak, Dari Wartawan Profesional

Magang - 05 May 2024 | 21:05 - Dibaca 928 kali
News Dewan Pers: Jumlah Mengaku-ngaku Wartawan Jauh Lebih Banyak, Dari Wartawan Profesional
(Tengah Berbaju Ungu) Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu saat menghadiri acara penutupan UKW di Surabaya, Sabtu (04/05/2024).

SUARA INDONESIA, SURABAYA – Jumlah yang mengaku-ngaku wartawan jauh lebih banyak dari pada wartawan yang profesional. 

Pernyataan itu, disampaikan Ketua Dewan Pers Ninik rahayu, disela-sela kegiatan penutupan uji kompetensi wartawan yang selenggarakan Dewan Pers kerjasama dengan PWI, IJTI, PFI dan Unitomo di Surabaya, Sabtu (04/05/2024).

"Jumlah yang mengaku-ngaku wartawan jauh lebih banyak dari wartawan yang profesional. Namun, dengan adanya uji kompetensi wartawan ini, nantinya akan tersaring di masyarakat. Biasanya, mereka terkesan akan bersembunyi di balik kemerdekaan pers,” paparnya.

Diakui Ninik, masyarakat di jaman dulu sangat mengetahui kalau berita itu yang menghasilkan adalah jurnalis atau wartawan.

“Sekarang masyarakat dibuat bingung. Mana berita mana informasi. Mana yang hoax dan tidak. Sehingga sulit dibedakan. Apalagi informasi itu disebarkan lewat platform media sosial,’ katanya.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh wartawan, menurutnya adalah bagaimana merebut hati masyarakat.

“Wartawan yang kompeten, harus berani menyuarakan kebenaran dan memberikan hak konstitusional yang menjadi hak dan milik masyarakat,” tutupnya. (Gilang Gibran)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV