SUARA INDONESIA

Bikin Macet, Kesemrawutan Pedagang dan Parkir di Depan Pasar Bojongbata Perlu Penanganan Serius

Ragil Surono - 06 May 2024 | 09:05 - Dibaca 477 kali
News Bikin Macet, Kesemrawutan Pedagang dan Parkir di Depan Pasar Bojongbata Perlu Penanganan Serius
Suasana pada pagi hari di depan Pasar Bojongbata, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, nampak semrawut. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, PEMALANG- Kemacetan lalu lintas yang terjadi setiap pagi di depan Pasar Bojongbata, Pemalang, Jawa Tengah, terutama pada jam sibuk, perlu segera mendapatkan penanganan. Terlebih, kemacetan di depan pasar tradisional ini sudah berlangsung cukup lama.

Ada beberapa penyebab tersendatnya arus lalu lintas, seperti melubernya para pedagang pasar yang memenuhi badan jalan, ditambah dengan deretan parkir kendaraan motor dua lapis, sehingga menambah kesemrawutan lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kerawanan. Kecelakaan dan kemacetan.

Bambang (55), warga Kecamatan Pemalang, mengatakan, jika kesemrawutan lalu lintas di depan Pasar Bojongbata ini perlu segera mendapatkan penanganan serius dari pihak terkait.

"Untuk tempat parkir bisa dicarikan solusi dengan komunikasi pada warga yang punya lahan di sebelah pasar, sehingga parkiran tidak menempati badan jalan sampai mengganggu lalu lintas," jelasnya, Senin (6/5/2024).

Sementara itu, Lurah Bojongbata Legiman menuturkan, ada rencana Pasar Bojongbata bakal dipindahkan, dekat lapangan sepak bola.

"Sudah beberapa kali dibahas dengan pemkab, Pasar Bojongbata akan direlokasi. Mengingat kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jika kondisi jalan yang tidak begitu lebar, serta padatnya arus kendaraan pada pagi hari, diperlukan kesadaran warga untuk menjadikan jalanan bebas macet.

"Para pedagang, juru parkir, juga kendaraan angkutan umum agar menyadari bersama tidak menurunkan atau mengambil penumpang di depan pasar. Sedangkan yang berjualan dan parkir, jangan menumpuk di bahu jalan, nanti kami koordinasikan dengan dishub biar ditertibkan," jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Diskoperindagkop) Kabupaten Pemalang, Juanedi Muslim, belum merespons upaya konfirmasi, belum lama ini.

Hanya saja, beberapa waktu dirinya pernah mengatakan, pemerintah bakal segera menertibkan kesemrawutan lalu lintas, karena banyaknya pedagang di Pasar Bojongbata. "Segera kami imbau lewat pengelola untuk lebih tertib," tuturnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV