SUARA INDONESIA

Cuaca Panas, Kemenag Jombang Imbau Jemaah Haji jaga Kesehatan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Gono Dwi Santoso - 11 May 2024 | 21:05 - Dibaca 987 kali
News Cuaca Panas, Kemenag Jombang Imbau Jemaah Haji jaga Kesehatan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci
Ribuan calon jemaah jaji Kabupaten Jombang saat melakukan kegiatan manasik haji terakhir di Alun-Alun Jombang , Sabtu (04/05/2024) pekan lalu. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Jombang, diimbau untuk menjaga kesehatan sebelum berangkat ke Tanah Suci pada 28 Mei 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir, di sela-sela kegiatan Interfaith Student for River Conservation di Taman Kebun Ratu Jombang, Sabtu (11/05/2024).

Muhajir memberikan tiga tips penting bagi CJH Jombang untuk menghadapi cuaca panas ekstrem di Tanah Suci.

Pertama, membawa payung untuk menghindari heat stroke atau sengatan panas. Selanjutnya, hindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, terutama di luar ruangan untuk menghindari cuaca panas. Dan terakhir, mencukupi asupan air dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

"Cuaca Mekkah sepekan ini rata-rata di atas 40 derajat Celcius. Para jemaah haji perlu waspada agar kesehatannya terjaga di tengah cuaca panas. Para jemaah haji wajib melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung," terang Muhajir.

Muhajir menambahkan bahwa tubuh akan lebih mudah dehidrasi di cuaca panas, apalagi dengan perbedaan suhu yang jauh antara Indonesia dan Mekkah. Oleh karena itu, jemaah haji perlu menjaga kelembaban kulit dan banyak mengonsumsi air mineral minimal 2 liter per hari.

Selain itu, Muhajir juga menyarankan agar sebelum berangkat haji, CJH rutin berolahraga selama 30 menit, menghindari kelelahan, dan memastikan nutrisi yang dikonsumsi dengan menghindari makanan dan minuman manis dan asin secara berlebihan.

"Serta tidak terlalu memforsir diri sehingga kecapean dan kelelahan sebelum keberangkatan ibadah haji dan usahakan seminggu sampai tiga hari sebelum berangkat sebelum keberangkatan harus istirahat," ungkapnya.

Bagi lansia, Muhajir menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat ke Mekkah, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit.

"Untuk menjaga (kesehatan), harus olahraga atau latihan jalan teratur. Sering-sering cek kesehatan, apalagi yang mau berangkat. Karena di sana ibadah hanya ibadah fisik," tutupnya.

Muhajir mengatakan bawalah obat-obatan pribadi yang diperlukan, termasuk obat untuk penyakit kronis,Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk cuaca panas.

Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki.Istirahatlah yang cukup dan hindari kelelahan serta Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.Hindari stres dan jaga kesehatan mental.

"Dengan mengikuti tips-tips tersebut diharapkan CJH Jombang dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan sehat dan dapat meraih predikat sebagai haji mabrur," pungkasnya. (*)

Perlu diketahui jumlah jemaah haji kabupaten Jombang terbagi empat kloter,61-64 dengan total jemaah 1169 jemaah yang akan berangkat ke asrama haji tanggal 27 Mei dan berangkat ke tanah suci tanggal 28 Mei 2024.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV