SUARA INDONESIA

Polisi dan Petugas Gabungan Ramp Check Bus Pariwisata, Hindari Kecelakaan Fatal

Ragil Surono - 18 May 2024 | 19:05 - Dibaca 821 kali
News Polisi dan Petugas Gabungan Ramp Check Bus Pariwisata, Hindari Kecelakaan Fatal
Petugas sedang mengecek kondisi kendaraan bus pariwisata ( foto : Ragil)

SUARA INDONESIA, PEMALANG- Guna mencegah terjadinya kecelakaan fatal pada bus pariwisata, Satlantas Polres Pemalang bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Marga serta Organda, melakukan ramp check pada enam unit bus milik salah satu perusahaan otobus (PO) pariwisata yang ada di Pemalang, Sabtu (18/5/2024).

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handiska menjelaskan, ramp check ini bertujuan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan atau tidak, juga memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan sesuai peraturan perundangan.

“Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas, serta menjaga keselamatan penumpang bus, agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, ramp check dilakukan secara rutin dan akan dilanjutkan ke seluruh PO bus yang memiliki kantor perwakilan atau agen di wilayah Kabupaten Pemalang.

“Hasil pengecekan enam unit bus milik salah satu PO bus pariwisata hari ini, seluruhnya dalam keadaan baik dan layak jalan,” ujarnya.

Namun demikian, Kapolres menuturkan, pihaknya tetap mengimbau pemilik PO bus agar tetap rutin melakukan perawatan pada kendaraan, serta selalu memperhatikan kondisi kesehatan para kru bus.

“Selain melaksanakan ramp check, hari ini Dokkes Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak dan kru bus,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV