SUARA INDONESIA

Antisipasi Penyelundupan, Semua Kendaraan dan Barang yang Masuk Pelabuhan Jangkar Diperiksa

Syamsuri - 12 June 2024 | 21:06 - Dibaca 654 kali
News Antisipasi Penyelundupan, Semua Kendaraan dan Barang yang Masuk Pelabuhan Jangkar Diperiksa
Petugas Satpolairud Polres Situbondo saat memeriksa kendaraan di Pelabuhan Jangkar. (Foto: Humas Polres Situbondo)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Mengantisipasi penyelundupan dalam pelaksanaan operasi Sikat Semeru 2024, Satpolairud Polres Situbondo memeriksa kendaraan dan barang yang sedang menyeberang ke pulau Raas Madura.

Hal ini dilakukan guna antisipasi kriminalitas seperti penyelundupan barang berbahaya melalui jalur perairan dan pelabuhan, sekaligus juga menjaga keamanan dan ketertiban di area pelabuhan.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Satpolairud ini diberlakukan kepada semua kendaraan yang Boarding Pas, jadi tidak hanya barang bawaan saja yang diperiksa akan tetapi semua surat kendaraan juga ikut diperiksa di pintu masuk Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Rabu (12/6/2024)

Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, mengatakan untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif petugas Satpolairud melakukan pemeriksaan kepada semua kendaraan dan barang yang melewati Pelabuhan Jangkar, guna melakukan pencegahan aksi kriminalitas dalam Operasi Sikat Semeru 2024 khususnya di wilayah perairan dan pelabuhan.

Sebelum masuk ke kapal di pintu masuk pelabuhan, semua kendaraan pickup yang memuat barang barang paket maupun sembako terlebih dahulu diperiksa, karena dikhawatirkan membawa barang barang terlarang dan atau ilegal.

"Sejumlah barang atau paket yang telah terbungkus dus dan Styrofoam yang diangkut kendaraan pikap juga dibuka, ini dilakukan guna memastikan bahwa barang tersebut itu legal dan tidak berbahaya,"ujarnya.

Kata AKP Gede, Tidak hanya di lokasi boarding pass yang dilakukan pengecekan kendaraan. Khusus kendaraan yang akan masuk ke kapal atau di rampdoor kapal juga dihentikan dan diperiksa, sekaligus petugas melakukan pencocokan tiket dengan identitas penumpang, hal ini dilakukan untuk penertiban manifest penumpang dan kendaraan atau barang.

"Sampai saat ini para petugas Satpolairud masih terus melakukan operasi Sikat Semeru 2024 dengan salah satu sasaran adalah penyelundupan dan pencurian di wilayah perairan dan pelabuhan, "terangnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, kita laksanakan kegiatan pemeriksaan di pelabuhan Jangkar yang melibatkan pihak ASDP dan TNI AL" bebernya.

Sementara itu, salah satu Karyawan ASDP, Hery mengungkapkan kami ini sungguh sangat terbantu dengan adanya kegiatan Satpolairud Polres Situbondo, karena dengan adanya penertiban terhadap kendaraan di pelabuhan Jangkar zero tindak pidana dan situasi menjadi aman kondusif.

"Pihaknya sangat mendukung kegiatan Operasi Sikat Semeru yang digelar Polres Situbondo, hal ini untuk mencegah aksi kriminalitas di wilayah Perairan," ungkapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV