SUARA INDONESIA

Pertamina Ungkap Kronologi Kebakaran Lahan Kilang Tuban

Irqam - 28 June 2024 | 21:06 - Dibaca 1.51k kali
Peristiwa Pertamina Ungkap Kronologi Kebakaran Lahan Kilang Tuban
Tim New Grass Root Refinery (GRR) saat berdiskusi dengan pihak kepolisian di area lahan yang terbakar. (Foto: Irqam/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TUBAN - Kebakaran melanda lahan proyek New Grass Root Refinery (GRR) atau kilang Tuban yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Jumat (28/06/2024).

Management on Duty GRR Tuban Tukolip mengungkapkan, titik munculnya api diketahui anggota security GRR Tuban yang sedang melaksanakan patroli sekitar pukul 12.30 WIB di tepi jalan akses PLTU Tanjung Awar-Awar tepatnya di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

“Mengetahui hal tersebut maka tim GRR Tuban berkolaborasi bersama satuan pemadam kebakaran dari perusahaan lain yaitu PLTU Tanjung Awar-Awar, PT TPPI, dan Damkar Kabupaten Tuban melakukan pemadaman api bersama-sama,” kata Tukolip dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat malam.

Setelah dilakukan upaya penanganan, lanjut Tukolip, api berhasil dipadamkan seluruhnya dan telah dilakukan upaya pendinginan sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat ini, Tim GRR Tuban bersama Tim kebakaran PLTU Tanjung Awar-Awar, PT. TPPI, dan Damkar Kabupaten Tuban masih fokus pada upaya pendinginan untuk mencegah timbulnya titik api kembali.

“Perusahaan akan melakukan diskusi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran setelah proses pemadaman terlaksana dengan sempurna. Perusahaan menyampaikan terimakasih dan penghargaan ke semua pihak yang telah membantu,” imbuhnya.

Menurut Tukolip, dengan insiden kebakaran ini GRR Tuban akan meningkatkan upaya preventif berupa patroli dari security. Selain itu, pihaknya juga akan memasang spanduk himbauan agar tidak membuang puntung rokok serta membakar sampah semak belukar di dalam area lahan maupun sekitarnya.

Kemudian juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk memastikan pencegahan terjadinya kebakaran.

“Masyarakat dimohon untuk meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan adanya aktivitas mencurigakan kepada Tim GRR Tuban,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV