SUARA INDONESIA

Danau Kelimutu, Pesona Tiga Warna di Puncak Flores

Aditya - 02 July 2024 | 17:07 - Dibaca 1.84k kali
Wisata Danau Kelimutu, Pesona Tiga Warna di Puncak Flores
Danau Kelimutu. (Foto: Instagram/@folkindonesia)

SUARA INDONESIA, FLORES- Danau Kelimutu, juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna, merupakan salah satu keajaiban alam di Kabupaten Ende, Flores.

Terletak di ketinggian sekitar 1.639 mdpl, danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan tiga danau berbeda yang memiliki warna yang unik.

Danau Kelimutu terletak di Taman Nasional Kelimutu, Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Akses menuju danau ini hanya dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi melalui rute yang telah ditandai dengan baik dari Kota Ende, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Rute perjalanan ke Danau Kelimutu cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi.

Perjalanan dari Kota Ende memakan waktu sekitar 2 jam, melalui jalan yang baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp. 10.000,- dan Rp. 150.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Danau Kelimutu buka 24 jam setiap hari, namun disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari untuk menikmati keindahannya.

Di sekitar Danau Kelimutu tersedia fasilitas seperti area parkir, toilet, gazebo, warung makan, dan minuman.

Untuk penginapan, beberapa pilihan seperti The Geckos Homestay, Kelimutu Crater Lakes Ecolodge, dan Palm Bungalows dapat dipertimbangkan dengan harga mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000 per malam.

Danau Kelimutu terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Kelimutu, dengan danau-danau yang berbeda warna ini telah menarik perhatian banyak ilmuwan dan wisatawan sejak penemuan pertamanya oleh seorang warga Belanda pada tahun 1915.

Masyarakat setempat juga mempercayai bahwa perubahan warna danau ini merupakan pertanda dari kejadian tertentu, yang diyakini melalui berbagai legenda dan mitos yang berkembang di sekitar wilayah ini.

Danau Kelimutu menawarkan pesona alam yang luar biasa, terutama dengan kemampuan uniknya untuk merubah warna dari waktu ke waktu.

Pengunjung dapat menikmati trekking yang indah menuju puncak danau, dengan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan.

Jelajahi keindahan alam yang spektakuler dan warisan budaya yang kaya di Danau Kelimutu.

Nikmati pengalaman yang tak terlupakan dengan mengunjungi salah satu keajaiban alam terbesar di Flores. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV