SUARA INDONESIA

Pj Bupati dan Ketua DPRD Jombang Terima Penghargaan Green Leadership 'Nirwasita Tantra' 2023 dari Menteri LHK

Gono Dwi Santoso - 18 September 2024 | 22:09 - Dibaca 1.53k kali
Advertorial Pj Bupati dan Ketua DPRD Jombang Terima Penghargaan Green Leadership 'Nirwasita Tantra' 2023 dari Menteri LHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya foto bersama Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo dan Ketua DPRD Mas'ud Zuremi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Miftahul Ulum usai memberikan penghargaan di Jakarta. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Kinerja Bidang Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Jombang kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan untuk pertama kalinya, Pemkab Jombang memperoleh 2 kategori sekaligus yakni Kategori Kepala Daerah dan kategori Ketua DPRD. 

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Kepala Daerah, dalam hal ini Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo dan Pimpinan DPRD yaitu Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi.

Diketahui, penghargaan diberikan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" Tahun 2023 yang digelar di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Sementara penghargaan diberikan kepada Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD atas kepemimpinannya lantaran berhasil dalam merumuskan isu-isu prioritas lingkungan hidup serta respon strategisnya, kebijakan dan aksi.

Selain itu, inovasi- inovasinya di dalam menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Adapun dasar pemberian penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun oleh Tim Penyusun IKPLHD 2023 pada 1 April - 31 Juli 2023.

Selanjutnya, Tim Penilai dr KLHK metetapkan 30 nominator Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan wawancara. Wawancara kepada Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kabupaten Jombang dilaksanakan pada 12 Juni 2024 secara daring.

Kemudian, Kabupaten Jombang terpilih sebagai Penerima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra kategori Kabupaten Besar Terbaik untuk Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2023.

Atas penghargaan yang diterima tersebut, Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo berharap pencapaian itu dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Jombang. 

"Penghargaan ini merupakan cerminan kolaborasi dan komitmen seluruh stakeholder untuk merespon isu lingkungan hidup, dan mampu bekerja efektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas lingkungan serta kesejahteraan bagi masyarakat Jombang," ujar Teguh. (Adv).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV