SUARA INDONESIA

Situs Pertirtaan Sumberbeji Jombang Ditinjau TACB Nasional dan BPCB Jatim

Gono Dwi Santoso - 16 August 2022 | 19:08
Budaya Situs Pertirtaan Sumberbeji Jombang Ditinjau TACB Nasional dan BPCB Jatim

SUARA INDONESIA - Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya ( BPCB ) Jatim Didampingi dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang kunjungi cagar budaya.

Situs petirtaan sumberbeji untuk diusulkan dan ditetapkan nantinya menjadi cagar budaya peringkat nasional.

Letak pertirtaan sumberbeji ini berada di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang yang kini diusulkan menjadi cagar budaya peringkat nasional.

Beberapa hari yang lalu, tim Arkeolog Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) nasional melakukan peninjauan untuk melihat kondisi sesungguhnya sebagai syarat penilaian di situs tersebut yang masih membutuhkan kelengkapan data.

“Jadi peninjauan ini kita lakukan menindaklanjuti usulan Petirtaan Sumberbeji menjadi cagar budaya tingkat nasional,’’ ujar Surya Helmi, Arkeolog TACB Nasional Sabtu (13/8/2022) lalu. 

Dijelaskannya, dalam peninjauan tersebut pihaknya melakukan beberapa klarifikasi terkait dokumen yang diusulkan mengenai Situs Sumberbeji. Baik luasan area situs, struktur bangunan dan temuan sejumlah obyek diduga cagar budaya di Sumberbeji. 

”Kita juga tinjau apa keistimewaannya Sumberbeji dibandingkan situs situs lain. Saat ini sedang kita pelajari lebih lanjut,’’ terangnya.

Secara Umum, Surya menyebut ada beberapa keistimewaan Situs Sumberbeji dibandingkan situs lainnya. Misalnya, ditemukannya Arca Garuda dan saluran air di dalam situs. Menurutnya, dua hal itu tidak ada di situs lain.

 ”Ini hal yang menarik untuk sebuah situs. Jadi nenek moyang kita zaman dulu sudah mendesaian jalur jalur air yang tentu ada fungsinya,’’ jelas dia. 

Menurutnya, situs Sumberbeji sama dengan Situs Jolotundo di Kabupaten Mojokerto yang sama-sama dilakukan penilaian untuk cagar budaya peringkat nasional. Hanya saja, dari sidang bersama tim arkeolog TACB nasional, situs Jolotundo belum memenuhi syarat.

”Karena lingkungan disekitarnya sudah rusak dan pembangunan disekitar Situs Jolotundo tidak terkendali sehingga kita tangguhkan dulu,’’ jelas dia.

Lantas kapan hasil penetapan Situs Sumberbeji dilakukan? Surya menyebut, usai dilakukan tinjauan ini akan ada tahap sidang lagi. "Rencananya dilakukan sidang dulu bersama tim,"pungkasnya. 

Ditemui diruang kerjanya Bambang Rudi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ,membenarkan, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur telah mengusulkan Situs Petirtaan Sumberbeji ke tingkat nasional. “Saat ini status Situs Sumberbeji masih peringkat provinsi Jawa Timur. SK Gubernur telah turun 2021 lalu,’’ terangnya kepada media Selasa (16/08/2022).

Kemudian awal 2022 lalu, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa timur pertirtaan sumberbeji diusulkan ke nasional. “Dari hasil peninjauan kemarin ada beberapa yang perlu kita revisi dan secepatnya kita benahi,’’ tambahnya.

Bambang berharap dengan nantinya pertirtaan sumberbeji nanti bisa masuk dan ditetapkan sebagai cagar budaya peringkat nasional, kami berharap adanya kehadiran pemerintah pusat untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian, pengembangan, pemanfaatan situs pertirtaan sumberbeji sesuai dengan Master Plan Situs Pertirtaan Sumberbeji yang telah pemerintah kabupaten buat, harapnya.

"Tujuanya tidak lain segera terealisasi sesuai dengan master plan yang pada akhirnya bisa ikut memberi nilai tambah, kemakmuran kesejahteraan untuk masyarakat sekitar khususnya dan Jombang pada umumnya, "tukasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV