SUARA INDONESIA

Menjajal Sensasi Pedas Olahan Ikan Asap di Jombatan Jombang

Gono Dwi Santoso - 14 October 2023 | 17:10 - Dibaca 1.28k kali
Features Menjajal Sensasi Pedas Olahan Ikan Asap  di Jombatan Jombang
Titik Kurniawati (46) pemilik usaha olahan ikan asap pedas saat menyajikan olahan ikan asap pedas ke pelanggan, Sabtu (14/10/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id Anda penggemar Sea Food? Kuliner ikan asap pedas Irena Foodiest di Jalan Jawa nomor 48, Kelurahan Jombatan, Jombang ini patut masuk daftar wisata kuliner anda. 

Berbagai macam olahan ikan asap tersedia. Seperti; kepala ikan manyong, mangut, cumi asap, bandeng dan tongkol. Ikan asap kian lezat ketika dipadukan dengan aneka sambal. Seperti sambal ijo, sambal terasi, sambal matah dan sambal kecap.

"Bagi pengunjung yang tidak menyukai ikan asap juga menyediakan berbagai olahan ikan dan lauk lainnya untuk di pilih pelanggan," ujar Titik Kurniawati, pemilik Irena Foodiest ketika diwawancarai Suaraindonesia.co.id di sela-sela melayani pembeli, Sabtu (14/10/2023).

Selain ikan asap, kedai ini juga menyediakan berbagai macam ikan goreng, babat, ayam laos, oseng pedas dan semua identik dengan rasa pedas. Tergantung kesukaan konsumen pilih yang mana.

" Tapi buat konsumen yang tidak suka pedas, juga bisa memesan yang level standar saja pedasnya jadi bisa dipilih sesuai selera," tambahnya.

Titik juga menjelaskan supaya ikan tidak berbau amis saat dihidangkan. Yakni memperbanyak kunyit dan asam jawa saat proses marinasi ikan. “Ikan jadi lebih sedap dan gurih juga,” ucapnya.

Titik mengatakan, awal mula membuat olahan ikan asap ini ketika menemukan masakan serupa di Kenjeran, Surabaya. Dulu, dia sering mengantar anak les modeling di Surabaya, kemudian mampir Kenjeran, untuk membeli oleh-oleh ikan asap pedas buat keluarga. “Dari situ kepikiran ingin buat kedai olahan sendiri, karena di Jombang jarang ada," terangnya.

Ternyata, kedai ikan asap pedas Titik mendapat respon positif. Dia telah memiliki pelanggan. Dalam satu hari, ia bisa menjual 7 sampai 10 porsi ikan asap berbagai menu. 

Selain porsi kecil satu ikan, sambal dan lalapan, Irena Foodies juga berjualan porsi paket besar. Untuk harga lumayan terjangkau, porsi kecil, nasi, ikan, sambal dan lalapan dibanderol mulai Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. "Sedangkan untuk paket besar, seharga Rp 60 ribu pelanggan bisa mendapat 10 macam ikan, sambal dan lalapan," pungkasnya

Mengikuti trend, Titik memanfaatkan media sosial untuk promosi dan berinteraksi dengan pelanggan, melalui media sosial instagram @irena_foodies, promosi lewat story whatsapp, kemudian menggunakan aplikasi ecommerce seperti gofood dan grab. “Konsumen paling banyak biasanya dari teman-teman sendiri, tapi yang porsi besar,” sebutnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV