SUARA INDONESIA

Inovatif! Warga Kota Probolinggo Bisa 24 Jam Laporkan Gangguan Keamanan hingga Bencana Alam di Command Center

Lutfi Hidayat - 29 January 2024 | 14:01 - Dibaca 457 kali
News Inovatif! Warga Kota Probolinggo Bisa 24 Jam Laporkan Gangguan Keamanan hingga Bencana Alam di Command Center
Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto menandatangani prasasti peresmian gedung Command Center Meteor di Kota Probolinggo. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto meresmikan gedung Command Center Meteor, Senin (29/1/2024) siang.

Gedung tersebut berfungsi sebagai sarana sistem keamanan terpadu di Kota Probolinggo, yang menggabungkan layanan informasi, pemantauan, pengaduan dan respons cepat terhadap laporan masyarakat.

SDM Command Center Meteor terdiri dari personel Satpol PP dan Damkar, BPBD, TNI dan Polri yang bersiap siaga selama 24 jam.

Kapolda Jatim mengapresiasi program Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, yang menggabungkan berbagai unsur keamanan dan layanan sosial masyarakat dalam satu wadah di bawah kendali sistem keamanan terpadu.

"Baru saja kita resmikan gedung Meteor, yang mana ada beberapa posko terkait kesiapsiagaan terhadap laporan masyarakat. Baik itu bencana, gangguan masyarakat maupun yang lain. Dari gedung ini memonitor 24 jam terhadap gangguan maupun kejadian di Kota Probolinggo," ungkapnya.

Kemudahan dalam layanan keamanan dan sosial itu, dikatakan Imam Sugianto, akan berdampak pada kualitas pembangunan dan penguatan ekonomi di Kota Probolinggo.

"Beliau punya misi Kota Probolinggo ini akan menarik investor untuk pelaku usaha guna menanamkan modalnya. Salah satu prasyarat bahwa investor itu akan merasa nyaman, tenang untuk menginvestasikan sumber dayanya, Kota Probolinggo ini harus aman," tandasnya.

Sementara itu, Habib Hadi menyebut, butuh sinergisitas dari berbagai instansi dan institusi untuk menciptakan Kota Probolinggo yang aman dan nyaman, sehingga akan menarik banyak investor untuk datang menanamkan investasinya.

"Tahapan-tahapan bisa dilaksanakan karena adanya sinergisitas dari seluruh Forkopimda di Kota Probolinggo. Gedung (Meteor-red) ini bukan simbol semata, tapi suatu harapan warga di semua aspek layanan. Jika warganya aman dan nyaman tinggal di sini, tentunya akan menumbuhkan investasi karena keamanan yang dicari oleh para investor," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Jatim juga meresmikan gedung Polsubsektor Kedopok yang baru saja selesai dibangun. Ke depan, Kapolda Jatim menargetkan dua Polsubsektor Kedopok dan Kanigaran akan segera beralih status menjadi polsek, dengan batas waktu paling lama tahun 2025. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV