SUARA INDONESIA

Resmi Pj Gubernur Papua Pegunungan Lantik Pj Sekda dan 118 Pejabat Eselon

Otinus Erwin Y - 21 March 2024 | 10:03 - Dibaca 503 kali
News Resmi Pj Gubernur Papua Pegunungan Lantik Pj Sekda dan 118 Pejabat Eselon
Proses Pelantikan berlangsung

SUARA INDONESIA, WAMENA- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Dr.Velix Vernando Wanggai, melantik Demianus Wosuok Siep sebagai Penjabat Sekda Papua Pegunungan.

Selain Pj Sekda, Velix Wanggai juga melantik 118 Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan. Pelantikan berlangsung di Hotel Baliem Pilamo Wamena, Rabu (20/3/2024)

Pelantikan ditandai dengan mengambil sumpah jabatan Penjabat.Sekda Papua Pegunungan dan 118 Pejabat Eselon III dan IV. Adapun pelantikan Pj Sekda telah mendapat izin Badan Kepegawaian Negara dan Mendagri.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai mengatakan, pelantikan pejabat eselon III dan IV telah melalui proses yang cukup panjang sejak kepemimpinanya. Kondisi ini juga bagian dari transisi pemerintahan serta melalui pertimbangan pimpinan.

“Saya memberikan apresiasi kepada pejabat yang begitu sabar menunggu sejak tahun lalu hingga saat resmi dilantik sebagai pejabat defenitif khusus eselon III dan IV,” ucap Velix Wanggai.

Dalam pelantikan itu, Velix menitip tiga pesan penting. Pertama, ASN menjadi ujung tombak terdepan di semua simpul-simpul sosial menjadi perekat ikatan kebangsaan Hal ini berdasarkan UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, bahwa ASN memiliki fungsi dan peran lain sebagai perangkat ikatan bangsa dan negara.

Kedua, ASN turut berperan dalam merancang kebijakan dan mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan di berbagai kabupaten. “Saat ini adalah berada di masa transisi, untuk itu mari kita berpikir sebagai Papua Pegunungan sentris,” ujar Velix.

Ketiga, ASN turut membantu menyelesaikan 12 roadmap sebagai fondasi Pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. Salah satu adalah meletak dasar fondasi perencanan mulai dari merumuskan Peraturan Gubernur (Pergub) Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2025-2045.

“Saya berharap rumusan perencanaan jangka menengah dan jangkah panjang ini adalah rumusan fleksibel. Untuk itu, saya juga berharap agar kita mari jadi pelaku dalam penyusunan Pergub ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Velix mengingatkan agar setiap internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak terkotak-kotak. “Mari cinptakan budaya kerja sama yang baik, koordinnasi yang baik sehingga kita saling mendukung dalam berperan mendukung kegiatan setiap OPD,” ucapnya.

Velix juga meminta semua ASN secara bersama untuk melahirkan kebijakan untuk peningkatan pendapatan asli daerah demi pembangunan Papua Pegunungan ke depan. (Tinus) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV