SUARA INDONESIA

Bisnis Ikan Cupang semakin Digemari di Tengah Pandemi

MADIUN- Bisnis ikan cupang mulai menjadi trend baru yang digemari oleh banyak masyarakat di tengah ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19.

Perpaduan warna yang berada pada sisik dan ekor Betta Splendens membuat banyak masyarakat merasa tertarik untuk memilikinya. Selain itu memelihara ikan cupang dinilai dapat mengusir rasa bosan selama bekerja di rumah.

Tingginya permintaan di pasaran membuat seorang pemuda asal Kabupaten Madiun selalu menerima banyak pesanan ikan cupang. 

Arnovian Pratikna seorang pria yang memiliki hobby mengoleksi ikan cupang mengatakan, dirinya tidak mengira bahwa kegiatan yang disukai dapat menghasilkan keuntungan yang besar bahkan sampai empat puluh juta rupiah setiap bulannya.

“Awalnya saya memang hobby mengoleksi ikan cupang berbagai jenis, hingga di masa pandemi ini banyak sekali peminatnya. Saya dalam satu bulannya mampu meraup keuntungan sekitar empat puluh juta ya,” katanya. Jum’at (8/1/2021) 

Dirinya menambahkan untuk pemasaran ikan cupang ijuga dilakukan melalui media sosial. Sementara harganya berkisar mulai 25 ribu rupiah hingga 7,5 juta rupiah setiap ekornya.

“Kalau pemasarannya kita lakukan secara langsung dan melalui media sosial juga. Untuk harga macam-macam ya ada yang dari 25 ribu sa,pai 7,5 juta satu ekor,” pungkasnya.

Untuk mengembangkan usahanya, pengoleksi ikan asal Madiun ini meminjam halaman kakeknya sebagai tempat pengembangbiakan ikan cupang.

Apa Reaksi Anda?