SUARA INDONESIA

Diguyur Hujan Deras, Desa di Plumpang Tuban Diterjang Banjir Bandang

Irqam - 25 January 2021 | 08:01 - Dibaca 3.39k kali
Peristiwa Daerah Diguyur Hujan Deras, Desa di Plumpang Tuban Diterjang Banjir Bandang
Foto: Banjir Bandang yang terjang Desa Magersari Plumpang terjadi hingga malam hari

TUBAN - Hujan lebat yang menguyur Kabupaten Tuban sejak Minggu (24/01) sore, mengakibatkan banjir bandang di Dusun Juwet, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang. Kondisi tersebut di duga air kiriman dari pengunugan Desa Sumberagung. 

Banjir setidaknya merendam ratusan rumah warga di 12 RT Dusun Juwet dengan ketinggian air mencapai rata-rata 1 meter. Warga sempat kaget karena sebelumnya banjir tidak pernah setinggi ini.

Kepala Dusun (Kadus) Juwet, Hadi Sanyoto menjelaskan, penyebab banjir bandang ini adalah curah hujan yang tinggi dan penyebab utamanya itu air kiriman dari pegunungan Desa Sumberagung.

"Banjir dikampung saya ini terjadi setiap tahunnya, tetapi banjir kali ini yang terbesar dalam artian paling terparah, hingga mencapai satu meter," kata Hadi kepada suaraindonesia.co.id, Minggu (24/01/2021) malam. 

Menurutnya, banjir bandang di Magersari sudah terjadi yang ke tujuh kali, dari mulai bulan Desember 2020 hingga Januari 2021. Hingga malam ini banjir bandang tersebut juga belum surut.

"Minggu kemarin kan embung di Dempel jebol, dan masih dalam penanganan sementara, jadi airnya turun ke Magersari. Ini juga berdampak di desa seperti Desa Ngrayu, Desa Plumpangm, Desa Jatimulyo," jelasnya.

Ia juga menambahkan sejauh ini warga tidak ada yang mengungsi, dan lebih memilih memindahkan barang berharganya di tempat-tempat yang lebih tinggi atau aman.

"Tadi juga sudah datang petugas BPBD Tuban dengan membawa mobil Damkar, dan terus memantau kondisi di lapangan secara langsung. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, akibat adanya banjir bandang tersebut, akses jalan penghubung di Desa Magersari atau jalan Pakah-Rengel lumpuh. Pengguna jalan pun terpaksa berhenti untuk menghindari halal yang tidak diinginkan. (Irq/jun) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV