SUARA INDONESIA

Pisang Rojo Sewu Milik Petani di Purworejo Miliki Panjang Hampir 2 Meter

Agus Sulistya - 04 June 2021 | 22:06
Peristiwa Daerah Pisang Rojo Sewu Milik Petani di Purworejo Miliki Panjang Hampir 2 Meter

PURWOREJO - Buah pisang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun beda dengan buah pisang milik Bedjo seorang petani yang berada di Dusun Wonolalis, Desa Kedungpoh, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, karena ada yang unik dan menarik perhatian publik dari buah pisang tersebut.

Bila umumnya buah pisang tersebut hanya berbuah puluhan, tidak demikian dengan buah pisang milik Bedjo yang berada di depan rumahnya memiliki ratusan buah, saking banyaknya tandan pisang tersebut hampir mencapai 2 meter kemudian pisang milik Bedjo tersebut disebut pisang rojo sewu (pisang raja seribu).

Saat ditemui, Bedjo menceritakan, dirinya mendapatkan bibit pisang tersebut dari tetangganya satu tahun lalu kemudian ditanam di depan rumahnya dan baru sekali ini berbuah.

"Saya tanam sekitar satu tahun lalu dan ini pertama kali berbuah, memang panjang dan banyak sekali buahnya, namanya Pisang Rojo Sewu," kata Bedjo kepada beberapa awak media di rumahnya, Jumat (04/06/2021).

Lebih lanjut, Bedjo mengungkapkan, dengan adanya pohon pisang yang berbuah ribuan tersebut banyak menarik perhatian warga setempat, mereka ada yang berkeinginan membibitnya bahkan tak segan untuk menawar untuk membeli.

"Rencana kedepan akan saya kembangkan supaya para tetangga juga punya pisang seperti ini," ungkapnya.

Bedjo menjelaskan, untuk rasa buah pisang sendiri dirinya belum pernah merasakan rasanya karena baru pertama kali punya dan pisang tersebut berbuah.

"Kalau katanya si enak rasanya, jadi yang matang itu dari atas dulu baru kebawah dan kita metiknya dari bagian atas kalau sudah matang nanti," tutupnya sambil menunjukan buah pisang rojo sewu tersebut.

Dari pantauan kontributor suaraindonesia.co.id dilapangan, Bedjo memiliki beberapa pohon pisang rojo sewu, namun baru dua pohon yang sudah berbuah dan panjang tandannya sama yaitu hampir mencapai 2 meter.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV