SUARA INDONESIA

Angin Langkisau Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Malang, Puluhan Rumah dan Sejumlah Fasum Rusak

Aditya Mahatva Yodha - 01 December 2023 | 09:12 - Dibaca 960 kali
Peristiwa Angin Langkisau Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Malang, Puluhan Rumah dan Sejumlah Fasum Rusak
Salah satu rumah warga di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdampak angin Langkisau pada Kamis 30 November 2023. (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

SUARA INDONESIA, MALANG - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin Langkisau atau angin kencang, melanda tiga wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Yakni Kecamatan Jabung, Singosari dan Karangploso. Bencana angin itu terjadi pada Kamis 30 November 2023.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono melaporkan, setidaknya ada puluhan rumah warga yang rusak akibat angin tersebut. Tak hanya itu, beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas juga terdampak.

"Di Jabung selain rumah penduduk yang rusak atapnya akibat hujan dan angin tersebut, juga ada TK Baitul Muhlisin, sekolah Miftahul Huda, dan Puskesmas Jabung," ujar Sadono Irawan, Jumat (1/12/2023).

Angin Langkisau juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang hingga menutupi akses jalan, serta menimpa atap rumah di daerah Kecamatan Jabung.

Sementara di Kecamatan Singosari, angin menyebabkan 40 rumah rusak. Mulai dari rusak ringan, sedang hingga berat. Serta menyebabkan tiang listrik PLN roboh. Dan di Kecamatan Karangploso, ada tujuh rumah terdampak angin tersebut.

Sadono mengatakan, pihak BPBD Kabupaten Malang tengah melakukan kerja bakti pembersihan bersama TNI, Polri, PMI Kabupaten Malang, Pemdes dan warga setempat.

"Kami melaporkan warga terdampak angin Langkisau membutuhkan bantuan berupa sembako, terpal, kidswear, peralatan dapur, dan material atap rumah," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV