SUARA INDONESIA

Diduga Korsleting Listrik, Tiga Rumah Warga di Karimun Ludes Terbakar

Redaksi - 24 June 2024 | 11:06 - Dibaca 1.48k kali
Peristiwa Diduga Korsleting Listrik, Tiga Rumah Warga di Karimun Ludes Terbakar
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar tiga rumah warga di Karimun. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, KARIMUN - Diduga karena arus pendek aliran listrik hingga terjadi korsleting, tiga rumah warga di Jalan Antena RT 004 RW 002 Baran III, Kelurahan Meral Kota, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, ludes terbakar pada Sabtu malam (23/6/2004) sekira pukul 19.30 WIB.

Api yang berasal dari meteran listrik salah satu rumah warga bernama Kian Kwe (55), yang kesehariannya merupakan bengkel motor di depan rumahnya, api menjalar ke rumah kosong di sebelahnya. 

Dalam hitungan menit api langsung menghanguskan kedua rumah panggung yang keseluruhan terbuat dari papan kayu. 

Hal tersebut seperti disampaikan Hock Lie (65), salah seorang saksi mata yang kebetulan berada di lokasi kebakaran. Bahkan dirinya sempat menyelamatkan salah satu motor yang ada di depan bengkel.

"Saya td lagi makan, mendengar ada orang teriak kebakaran saya menuju keluar dan melihat api di meteran listrik berkobar. Saya selamatkan motor yang ada di depan dulu takut kebakar karena orangnya lagi pada keluar rumah dari siang tadi gak tau kemana," terang Hock Lie.

Dirinya juga menjelaskan, api begitu cepat menjalar sehingga langsung menyambar rumah sebelahnya. Namun salah satu memang kosong tak berpenghuni sejak lama. 

"Apinya besar dan cepat menjalar, makanya saya buru-buru menutup rolling door takut nyambar kemari," jelasnya sambil menunjuk pintu rumahnya yang berjarak 10 meter  di seberang lokasi kebakaran.

Tak lama berselang, dua unit mobil kebakaran Pemerintah Kabupaten Karimun dibantu mobil tanki air bersih milik warga tiba di lokasi kebakaran.

Meskipun sedikit mengalami kesulitan karena lokasi jalan kecil dan di padati warga yang menyaksikan peristiwa kebakaran, petugas dibantu warga sekitar dapat memadamkan api dengan segera.

Kabid Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kabupaten Karimun, Hendra Hidayat menjelaskan, meskipun tidak ada korban jiwa pihaknya dibantu warga sekitar mengutamakan agar kobaran api tidak menjalar ke rumah lainnya.

"Kurang lebih dua jam kami dibantu warga sekitar dapat segera memadamkan api, sehingga api tidak terus menjalar. Karena seperti kita lihat kondisi pemukiman sekitar kebakaran merupakan bangunan semi permanen dari papan kayu," jelas Hendra kepada para wartawan.

Dirinya menjelaskan dari tiga rumah yang hangus terbakar, diperkirakan tidak ada korban jiwa. Meskipun ada kerugian materi dirinya tidak dapat menaksirnya.

"Alhamdulillah dari pantauan kami tidak ada korban jiwa, tapi pastinya nanti wewenang pihak dari Kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Kalau kerugian materi itu pasti, namun kami tidak dapat memperkirakan," pungkas Hendra.

Sementara itu, Polres Karimun maupun dari Polsek Meral, belum bisa memberikan keterangan karena masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV