SUARA INDONESIA

Dapur Rumah Warga di Cilacap Terbakar, Kerugian Capai Rp 25 Juta

Satria Galih Saputra - 24 June 2024 | 16:06 - Dibaca 882 kali
Peristiwa Dapur Rumah Warga di Cilacap Terbakar, Kerugian Capai Rp 25 Juta
Petugas dari Pos Damkar Sidareja bersama sejumlah aparat setempat lainnya saat berada di lokasi kebakaran di Desa Rejamulya, Cilacap. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Sebuah dapur rumah milik warga di Dusun Kedungdadap RT 02 RW 08 Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap terbakar, Senin (24/6/2024).

Plt Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satpol PP Cilacap Supriyadi menyampaikan, insiden kebakaran itu terjadi pukul 11.30 WIB.

Diketahui, saat kebakaran terjadi, pemilik rumah bernama Roin Wargianto (54) warga setempat sedang berada di luar rumah.

"Jadi awal mula kejadian, pemilik rumah memasak air nira (badeg). Setelah matang, kemudian ditinggal pergi oleh pemilik rumah, kondangan di Karangwangkal, Jabar," ungkap Supriyadi.

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh Ketua RT setempat bernama Dikun (65). Ia tanpa sengaja melihat ada kepulan asap di bagian dapur rumah korban.

Mengetahui adanya kebakaran di rumah korban, Ketua RT bersama warga sekitar lalu bergerak cepat melakukan pemadaman menggunakan mesin cuci steam dan alat seadanya. "Sekitar 30 menit kemudian, api dapat dipadamkan," kata Supriyadi.

Beruntung api berhasil dipadamkan oleh warga sehingga tidak menjalar ke bangunan rumah warga yang berada berdekatan dengan dapur rumah korban.

"Saat kejadian, kebetulan rumah Pak RW setempat bersebelahan dengan rumah korban, dan sedang melakukan perbaikan rumah," kata Supriyadi.

Petugas dari Pos Damkar Sidareja yang berada di lokasi kejadian kemudian melakukan pendataan usai mendapati api sudah padam.

Penyebab kebakaran diduga tungku pawon bekas memasak air masih menyala saat ditinggal pergi kemudian menjalar ke bagian atap dapur. "Ini akibat kelalaian pemilik rumah sehingga mengakibatkan kebakaran," ujar Supriyadi.

Lebih lanjut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kendati demikian, api berhasil menghanguskan bangunan dapur sehingga pemilik rumah mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV