SUARA INDONESIA

Kebakaran Kembali Melanda Lahan Kilang Tuban 

Irqam - 28 June 2024 | 16:06 - Dibaca 2.66k kali
Peristiwa Kebakaran Kembali Melanda Lahan Kilang Tuban 
Lahan proyek New Grass Root Refinery (GRR) atau kilang Tuban kembali terbakar pada Jumat (28/06/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TUBAN - Memasuki musim kemarau, kebakaran kembali melanda lahan proyek New Grass Root Refinery (GRR) atau kilang Tuban yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Jumat (28/06/2024).

Titik kebakaran berada sisi timur tepatnya di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Nyala api diketahui sekitar pukul 14.30 WIB.

Pantauan Suara Indonesia di lokasi, beberapa mobil damkar diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan kebakaran. Petugas keamanan terlihat berjaga di kawasan tersebut.

Sejumlah wartawan yang masuk ke lokasi kebakaran tidak diizinkan untuk mengambil gambar oleh petugas keamanan PT Pertamina. 

Petugas itu tidak menjelaskan secara rinci alasan mengapa wartawan tidak boleh mengambil gambar. 

Wartawan pun hanya bisa melihat lokasi kebakaran dari kejauhan. Dari jauh terlihat kepulan asap membumbung tinggi ke langit.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen membenarkan adanya kejadian kebakaran di lahan kilang Tuban.

Hermansyah menyebut, Pertamina sudah berhasil mengisolasi lokasi lahan lahan yang terbakar dengan menerjunkan empat Tim Damkar dari GRR Tuban, TPPI, Pemkab Tuban dan swasta. 

“Saat ini masih fokus proses penyiraman untuk memastikan pemadaman, dan mencegah api muncul kembali,” ujar Hermansyah saat dihubungi. 

Hermansyah mengungkapkan, hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Begitu juga dengan luas lahan terbakar. 

“Sampai saat ini, masih blm diketahui penyebabnya,” ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran lahan kilang Tuban juga terjadi pada September 2023. Saat itu, titik kebakaran berada di sisi utara tepatnya di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV