SUARA INDONESIA

Hasil Real Count PDI Perjuangan: Ipuk-Sugirah Pemimpin Baru Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 10 December 2020 | 13:12 - Dibaca 2.47k kali
Politik Hasil Real Count PDI Perjuangan: Ipuk-Sugirah Pemimpin Baru Banyuwangi
Jumpa pers real count PDI Perjuangan Banyuwangi yang berlangsung di kantor DPC setempat, Kamis (10/12/2020).

BANYUWANGI- Hasil real count (penghitungan keseluruhan surat suara di seluruh TPS yang ada) dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Banyuwangi menegaskan akan hadirnya pemimpin baru untuk Banyuwangi, yaitu Ipuk Fiestiandani dan Sugirah.

Demikian disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, saat jumpa pers di DPC setempat yang dihadiri jajaran pimpinan parpol pengusung dan pendukung Ipuk-Sugirah, di antaranya Gerindra, NasDem, PPP, Hanura, Partai Gelora, PSI, Partai Berkarya, Perindo, dan Partai Garuda.

Hasil real count PDIP tidak jauh berbeda dengan hasil quick count dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang telah diumumkan Rabu (9/12/2020) kemarin. 

"Kami telah membentuk saksi-saksi yang disebar di seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Banyuwangi," kata Made dalam jumpa persnya, Kamis (10/12/2020).

Made mengatakan, DPC PDI Perjuangan telah menempatkan saksi di seluruh TPS yang mencapai 3745. Hingga hari ini telah terdapat hasil penghitungan suara di 3715 TPS, hanya kurang 30 TPS yang belum masuk. Di tiap TPS saksi diwajibkan untuk melaporkan hasil penghitungan suara berdasarkan form C1 otentik. 

"Hingga hari ini kami telah merekap 99,2 persen hasil penghitungan suara berdasarkan C1 otentik dari total TPS, hanya kurang 30 TPS yang belum diinput, dikarenakan human error saja," kata Made. 

Hasilnya, dari total 825.372 pemilih, pasangan Yusuf Widyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy meraih 391.253 atau 47,4 persen. Sementara Ipuk-Sugirah unggul dengan suara 434.119 atau 52,6 persen. 

Ini tidak jauh berbeda dengan hasil quick count final yang dikeluarkan LSI Denny JA, dengan data sampel mencapai 100 persen, dimana Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy meraih 46,98% suara, sementara Ipuk Fiestiandani-Sugirah 53,02% suara, selisih 6,04%, dengan margin error plus minus 1 %.

"Dengan demikian berdasarkan hasil real count, Ipuk-Sugirah menang dalam Pilkada Banyuwangi 2020. Kami akan terus mengawal hasil ini hingga hasil penghitungan resmi dari KPU Banyuwangi," tandas Made. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya