SUARA INDONESIA

Gaet Simpati, Calon Bupati Cilacap SBW Beri Layanan Internet Gratis untuk Masyarakat

Satria Galih Saputra - 04 July 2024 | 06:07 - Dibaca 1.27k kali
Politik Gaet Simpati, Calon Bupati Cilacap SBW Beri Layanan Internet Gratis untuk Masyarakat
Bakal calon Bupati Cilacap Setyo Budi Wibowo (SBW). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ada yang menarik menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Cilacap. Dimana salah satu bakal calon Bupati Cilacap Setyo Budi Wibowo (SBW) akan memberikan kuota internet gratis kepada seluruh warga masyarakat Cilacap dengan membangun sarana wifi gratis di setiap wilayah. Hal itu dilakukan untuk menggaet simpati dan dukungan masyarakat.

"Tim kami sudah melakukan survei di 24 Kecamatan itu memerlukan 986 titik server yang harus kami pasang agar sarana fasilitas internet bisa terakomodir oleh seluruh masyarakat di Cilacap," ungkap Setyo Budi Wibowo saat ditemui di kediamannya, Rabu (3/7/2024).

"Insyaallah akhir bulan Juli ini kami sudah mulai start atau running dan dari tim IT kemarin mengatakan ke saya selesai memakan waktu kurang lebih dua bulan. Melalui program ini, minimal saya sudah bisa memberikan kontribusi, walaupun kecil untuk kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Bowo panggilan akrab Setyo Budi Wibowo ini menyampaikan, internet gratis ini akan diberikan cuma-cuma selama satu tahun ke depan. Adapun syarat mengikuti program ini cukup mudah, yaitu warga asli Cilacap. "Untuk teknisnya seperti apa nanti akan kita sosialisasikan lewat Medsos, yang jelas setiap perorangan harus mendaftar," jelasnya.

Lebih lanjut, Bowo menyebut kebutuhan pokok masyarakat saat ini yang utama yakni internet. "Sekarang ini kebutuhan kuota di masyarakat mungkin nomor wahid, sehingga kami terketuk untuk memberikan layanan kuota gratis kepada masyarakat, baik kuota handpone maupun kuota internet," ujarnya.

Ia mengakui program yang dijalankannya saat ini akan berdampak terhadap pelaku bisnis kuota internet di Cilacap. Kendati demikian, pihaknya berupaya memberikan solusi agar tidak ada pihak yang dirugikan.

"Nuwun sewu (red, minta maaf) orang-orang yang mempunyai konter, jualan pulsa segala macam tentu akan terkena imbas dari kebijakan saya ini, dan saya sudah mencoba untuk memberikan solusi bagi mereka agar tidak kehilangan mata pencaharian, dan tim kami juga sudah mendata siapa saja yang punya usaha konter," katanya.

"Kami sedang merumuskan. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa nemberikan solusi atau jalan keluarnya, nanti akan kita sampaikan lebih lanjut apakah mereka akan kita rekrut atau kita salurkan di beberapa kegiatan lain," imbuh Bowo.

Selanjutnya, apabila dirinya diberi amanah untuk melayani masyarakat di Kabupaten Cilacap, fasilitas internet gratis tersebut nantinya akan difungsikan di dalam pemerintahannya nanti untuk mewujudkan "Cilacap Smart City". Sehingga seluruh pelayanan publik nanti akan kami permudah," tegas SBW.

Tentunya, lanjut Bowo, dengan menyiapkan perangkat dan ahlinya segala macam di masing-masing Kecamatan. "Bahkan mungkin ke depannya secara bertahap di tingkat Desa/Kelurahan. Jadi masyarakat kalau mau ngurus apa-apa tidak usah jauh-jauh karena kita tau Cilacap itu luas wilayahnya. Ini rencana ke depan yang kita siapkan," katanya.

Setyo Budi Wibowo (SBW) sendiri diketahui merupakan calon bupati dari eksternal partai yang berasal dari tubuh TNI. Ia mengaku meninggalkan kedinasan sebagai Perwira TNI yang masih tersisa 11 tahun dan telah sah per tanggal 31 Juni 2024 pensiun dini karena keputusannya memilih untuk berkiprah membangun Cilacap. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV