SUARA INDONESIA

BPJamsostek, PT Pos dan Diknas Bojonegoro Bersinergi Melindungi Siswa PKL

Redaksi - 20 March 2024 | 08:03 - Dibaca 406 kali
Advertorial BPJamsostek, PT Pos dan Diknas Bojonegoro Bersinergi Melindungi Siswa PKL
Sinergi dan kolaborasi BPJamsostek, PT Pos dan Diknas Bojonegoro untuk perlindungan siswa SMKN PKL dan magang. (Foto: BPJamsostek/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BOJONEGORO - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Bojonegoro bersama PT Pos Indonesia Bojonegoro dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, belum lama ini mewujudkan sinergitas nya dengan berkolaborasi untuk mengoptimalkan perlindungan jaminan sosial di sektor Bukan Penerima Upah (BPU).

Ketiga instansi tersebut menggelar kegiatan bersama dengan tujuan memberikan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh siswa SMKN di wilayah Bojonegoro yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Magang Kerja. 

Bertempat di SMKN 4 Bojonegoro, kegiatan untuk "Meningkatkan Relationship dengan Dinas Pendidikan dan PT Pos Indonesia Bojonegoro Perihal Optimalisasi Program Jaminan Sosial" ini dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro beserta Tim Kepesertaan, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan, Kepala SMKN Se-Bojonegoro, Wakil Kepala Humas SMKN se-Bojonegoro, 19 Kepala Sekolah dan 19 Waka Humas PT Pos Indonesia Bojonegoro.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro Rd Edi Sasono mengatakan, seluruh siswa praktik kerja lapangan dan magang kerja bisa menjadi peserta BPU BPJS Ketenagakerjaan karena mereka memang membutuhkan perlindungan jaminan sosial pada saat melaksanakan belajar praktik kerja lapangan itu.

Edi menjelaskan, untuk proses pendaftaran program BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya bersinergi dengan PT Pos Indonesia Cabang Bojonegoro, sehingga terkait pendaftaran bisa melalui Pos Cabang Bojonegoro.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Bojonegoro, Febrian Dwi Setyanto, dalam sambutannya menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan bersama PT Pos Indonesia telah menjalin sinergi untuk perlindungan jaminan sosial terutama bagi segmentasi BPU untuk peserta didik praktik kerja lapangan atau magang SMKN Bojonegoro.

Karena itu, lanjut Febrian, terkait proses pendaftaran maupun pembayaran iuran bulanan dapat dilakukan di PT Pos Cabang Bojonegoro.

Selain itu disampaikan, PT Pos Bojonegoro akan memberikan perlindungan gratis bagi 100 peserta didik praktik kerja lapangan/magang selama 1 bulan perlindungan, sehingga diharapkan pihak sekolah dapat memberikan data peserta didik magang/praktik kerja lapangan tersebut. 

Dalam kegiatan ini, Anang Widyanto selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro memberikan pemahaman pada seluruh peserta pertemuan ini bahwa perlindungan jaminan sosial juga sangat penting bagi siswa-siswi magang/ praktik kerja lapangan.

Hal tersebut, lanjut Anang, juga sudah dituangkan dalam aturan atau petunjuk teknis perlindungan jaminan sosial di Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Pasal 38 yang intinya menyebutkan bahwa peserta magang dan siswa kerja praktik wajib didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

Tidak hanya itu, hal ini juga untuk menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Wilayah Bojonegoro tanggal 8 Juni 2023 No 800/09/08/101.6.22/2023 perihal permintaan mengikuti program perlindungan JKK dan JKM. 

Maka, berdasarkan dasar hukum yang sudah ada, para peserta didik juga memerlukan jaminan sosial untuk memberikan rasa aman bagi peserta didik, orang tua, maupun sekolah jika terjadi resiko kerja pada saat program praktik tersebut.

Ditambahkan, sebagai tindak lanjut, BPJS Ketenagakerjaan bersama PT Pos akan mengunjungi seluruh SMKN se-Bojonegoro untuk mengambil data sekaligus melakukan sosialisasi bersama pada siswa kerja lapangan/magang dan orangtuanya. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV