SUARA INDONESIA

TOP BUMD Award 2024, Nobatkan BUMD Trenggalek Raih Tiga Penghargaan

Rudi Yuni - 20 March 2024 | 20:03 - Dibaca 413 kali
Advertorial TOP BUMD Award 2024, Nobatkan BUMD Trenggalek Raih Tiga Penghargaan
Bupati Trenggalek saat menerima piagam penghargaan atas prestasi TOP BUMD Award 2024. (Foto: Rudi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TRENGGALEK - Prestasi membanggakan kembali di raih Pemerintah Kabupaten Trenggalek, kali ini Pemkab Trenggalek memborong tiga penghargaan sekaligus dalam ajang TOP BUMD Award tahun 2024 di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen BUMD dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta kesehatan masyarakat dan sekaligus menyumbang pendapatan asli daerah.

"Saya mengapresiasi kerja dari BPR Jwalita yang mendapatkan Top BUMD Award untuk ke sekian kalinya. Saya ucapkan selamat," kata Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Rabu (20/3/2024).

Atas pencapaian ini Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek ini berharap semua BUMD bisa seperti BPR Jwalita. "Apalagi BPR Jwalita baru saja dilakukan restrukturisasi organisasi. Selain itu, pada bidang energi ada PT Jwalita Energi Trenggalek (JET) dan masih ada  beberapa BUMD lain," ujarnya.

Untuk mencapai prestasi ini, selain kinerja keuangan sebagai sebuah perusahaan yang baik, BPR Jwalita juga dianggap punya social impact karena meluncurkan program kredit sanitasi bagi warga yang ingin mendapatkan sanitasi yang lebih baik. "Intinya agar ada peningkatan kualitas hidup dan juga kesehatan. Jadi itu yang menjadi salah satu strong point mengapa BPR Jwalita TOP BUMD Award Bintang 5," tutur Bupati.

Sementara itu, Direktur BPR Jwalita Dwi Fraidianriani mengatakan, torehan prestasi yang pertama diberikan kepada Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin sebagai TOP Pembina BUMD terbaik tahun 2024.

Kedua diberikan kepada PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) yang berhasil naik eskalasi dari BUMD Bintang 4 tahun 2023 menjadi BUMD Bintang 5 di tahun 2024. "Tidak hanya berhenti di sini, Dwi Fraidianriani, Direktur Utama BPR Jwalita juga menjadi salah satu TOP CEO BUMD tahun 2024," ungkapnya.

Dalam perjalanannya tahun ke tahun dijelaskannya, PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) seolah tidak pernah absen mendapatkan penghargaan dalam ajang corporate rating, penilaian BUMD tervesar di tanah air itu.

Bahkan penghargaan yang diterima tidak stagnan di situ-situ saja, tahun 2024 ini BPR Jwalita berhasil naik eskalasi menjadi BUMD bintang 5. Tentunya ini sebuah bukti nyata bawasanya komitmen dari BPR yang kepemelikan saham Pemda sebesar 98.64 persen.

"Ini menjadi buah hasil bekerja dengan baik untuk maju dan berkembang. Dengan modal Rp 20 Miliar, Aset BPR Jwalita per 31 Des 2023 sebesar Rp 143.893.811.000,-," jelasnya.

Dwi juga memaparkan bahwa ini menjadi torehan prestasi 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2021 kita berhasil mendapatkan penghargaan dari TOP BUMD Award. "Tentunya ini menjadi pemicu dan pemacu kami untuk bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Trenggalek dan juga mendukung program-program pemerintah," ujarnya.

Masih menurut perempuan yang akrab disapa Dwi itu, 70 persen nasabah dari BPR Jwalita adalah pelaku usaha mikro. Kemudian beberapa inovasi dilakukan, mulai dari Kredit Krisna (Air dan Sanitasi). "Program yang menyentuh kerakyatan ekonomi seperti Gangsar atau Kredit Pedagang Pasar Tanpa Jaminan," ucapnya.

Diimbuhkan Dwi, BPR Jwalita (Perseroda) juga berkontribusi dalam memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Trenggalek setiap tahunnya.

Bahkan berkontribusi terhadap PAD itu jumlahnya terus meningkat stiap tahunnya apalagi kali ini BUMD-nya memborong 3 penghargaan sekaligus dalam TOP BUMD Award. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV