SUARA INDONESIA

Setahun Bermitra, BPJS Ketenagakerjaan dan SRC Gelar Silaturahmi di Cirebon

Redaksi - 23 March 2024 | 11:03 - Dibaca 422 kali
Advertorial Setahun Bermitra, BPJS Ketenagakerjaan dan SRC Gelar Silaturahmi di Cirebon
Penyerahan manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta dan ahli waris di acara silaturahmi bersama Toko SRC. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CIREBON - Kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada pemilik beserta karyawan Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia telah berjalan selama lebih dari satu tahun.

Dengan kerja sama berbasis kemitraan (partnership) itu pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dan SRCIS terus dilakukan, terbaru dengan mengadakan silaturahmi bersama 80 Toko SRC di wilayah Cirebon, Indramayu, dan Tegal.

“Kami berterima kasih kepada tim SRC yang telah menjadi partner kami dalam memperluas perlindungan kepada pekerja Indonesia," kata Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan I Putu Wiradana.

"Selain pedagang toko SRC yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Toko SRC juga telah menjadi perpanjangan tangan kami untuk pekerja di daerah yang ingin menjadi peserta,” lanjutnya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan santunan kepada 3 pemilik toko kelontong anggota SRC yang mengalami musibah meninggal dunia dan kecelakaan kerja senilai total Rp338 juta.

“Total manfaat yang telah kami berikan kepada anggota SRC sejak tahun 2023 hingga kini mencapai Rp1,4 miliar untuk 65 klaim. Ini merupakan wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada pekerja Indonesia," kata Wiradana.

"Pekerja berhak bekerja dengan nyaman, bekerja keras dan bebas cemas. Kerja sama dengan SRC ini juga mendatangkan kebaikan tidak hanya kepada pekerja, namun juga kepada keluarga dan anak pekerja yang terdaftar,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Romulus menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kerja sama yang terjalin dengan SRCIS dalam mendukung pemberdayaan UMKM, khususnya toko kelontong, agar bisa semakin #JadiLebihBaik.

Menurutnya, kerja sama ini telah memberikan dampak positif tidak hanya untuk pemilik toko kelontong anggota SRC, tetapi juga untuk lingkungan sekitarnya, dan berperan besar dalam perluasan jangkauan program perlindungan ketenagakerjaan di Indonesia.

“Tahun 2024 ini menandai 16 tahun perjalanan SRC di Indonesia, yang secara konsisten selalu mendukung UMKM Toko Kelontong dan perkembangan ekonomi Indonesia #JadiLebihBaik," kata Romulus.

"Kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud nyata komitmen kami untuk pengembangan UMKM Toko Kelontong dan mendukung program pemerintah, utamanya terkait dengan pemerataan akses perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” jelasnya.

Menurut data BPJS Ketenagakerjaan, hingga kini terdapat 22.685 tenaga kerja yang mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui fitur Pojok Untung di aplikasi AYO Toko by SRC sebagai bagian dari ekosistem digital AYO by SRC.

Hal itu tentu menjadi bukti efektivitas SRC dalam menjangkau tenaga kerja di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, juga merupakan kesempatan bagi para pemilik Toko SRC untuk bisa mengembangkan usahanya dengan menjadi agen atau mitra.

Romulus berharap ke depannya semakin banyak lagi pemilik Toko SRC yang dapat memanfaatkan kerja sama ini untuk memberikan pelayanan yang semakin meningkat bagi para konsumennya, sekaligus mendapatkan kesempatan memperoleh penghasilan tambahan. 

“Harapan kami, kerja sama ini dapat terus berlanjut dan berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan seluruh pelaku dan karyawan UMKM Toko Kelontong serta lingkungan di sekitarnya,” ucapnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cirebon Sudarwoto mengaku senang dengan adanya jalinan kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan SRCIS yang kini sudah berjalan setahun lebih.

"Tentu kami sangat senang bahkan sangat mengapresiasi atas kerjasama ini. Dengan kerjasama ini, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terus bertambah, tidak hanya oleh pemilik beserta karyawan Toko SRC yang bergabung, tapi juga dari yang daftar melalui Toko SRC," ujarnya. 

Menurutnya, dengan banyaknya kanal pendaftaran sekaligus pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan akan mempermudah peserta mendapatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya BPJS Ketenagakerjaan untuk selalu berusaha memperluas jangkauan dan meningkatkan jumlah kepesertaan serta memudahkan layanan pada peserta," tutup Sudarwoto. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV