SUARA INDONESIA

Pertunjukan Resital Tari Gerbang Timur Banyuwangi Bikin Merinding, Penonton Sampai Terpukau

Muhammad Nurul Yaqin - 20 March 2023 | 07:03 - Dibaca 3.47k kali
Budaya Pertunjukan Resital Tari Gerbang Timur Banyuwangi Bikin Merinding, Penonton Sampai Terpukau
Pertunjukan tari yang dibawakan oleh para cantrik Padepokan Seni Alang-Alang Kumitir dalam acara Resital Tari Gerbang Timur. (Istimewa).

BANYUWANGI - Suara gending memecah langit Gesibu Blambangan, Kabupaten Banyuwangi pada Minggu malam (19/3/2023). 

Gemerlap lampu panggung memeriahkan pertunjukan tari yang dibawakan oleh para cantrik Padepokan Seni Alang-Alang Kumitir dalam acara Resital Tari Gerbang Timur.

Resital Tari Gerbang Timur digelar dalam rangka mempresentasikan tari kreasi baru yang merupakan hasil ciptaan seniman Padepokan Seni Alang-Alang Kumitir, serta malam anugerah bagi beberapa tokoh kesenian sebagai "Penjaga Tradisi".

Hadir secara daring, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan apresiasi serta mendukung penuh terhadap berlangsungnya acara tersebut. 

"Tari kreasi menjadi magnet bagi generasi muda untuk melestarikan seni tari tanpa mengurangi esensinya. Kreativitas seniman dalam tari kreasi membuktikan bahwa budaya Banyuwangi sangat moderat, mampu mengikuti perkembangan zaman," kata Bupati Ipuk.

Bupati Ipuk juga mengajak para seniman untuk melek digital agar pagelaran seni dapat disajikan lebih luas lagi melalui saluran online. Ia, juga mengajak para seniman untuk melek digital agar pagelaran seni dapat disajikan lebih luas lagi melalui saluran online. 

Ketua Padepokan Seni Alang-Alang Kumitir Punjul Ismuwardoyo menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya resital tari yang didukung oleh berbagai pihak terutama penggiat seni Kabupaten Banyuwangi.

"Saya juga mengapresiasi setinggi-tingginya untuk para anak didik saya yang selalu bersemangat dalam nguri-nguri kebudayaan melalui seni tari," ungkap Punjul.

Riuh tepukan tangan membanjiri tribun penonton pada setiap tari yang ditampilkan. Mereka sangat menikmati suguhan tari kreasi yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

Sajian utama acara ini adalah Sendra Tari Aji Gandrung Alas Purwo yang ditampilkan secara teatrikal dan disutradarai langsung oleh sang empunya padepokan.

Tari lain yang turut dibawakan di antaranya Tari Goyang-Goyang, Tari Blek Digdog, Tari Kuwung Rihloji, Tari Nelayan, Tari Lare Anom, Tari Urupe Damar, Tari Gandrung Jilbab, Tari Mepe Kasur Kasur, serta Tari Babakan Cakil. 

Resital Tari Gerbang Timur juga turut dimeriahkan oleh penampilan siswa SMKN 1 Banyuwangi, Komunitas Damar Art, Mitra Budaya Muncar serta Hadroh Kuntulan Merah Delima.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV