SUARA INDONESIA

Waspada! Empat Penyakit Mengintai Warga saat Momen Lebaran

Arik Susanto - 07 April 2024 | 10:04 - Dibaca 1.70k kali
Kesehatan Waspada! Empat Penyakit Mengintai Warga saat Momen Lebaran
Ilustrasi terserang penyakit. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BLITAR - Momen Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, di tengah kegembiraan itu, perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap empat penyakit yang rentan menyerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Christine Indrawati mengatakan, keempat penyakit yang mengintai masyarakat saat perayaan Idul Fitri tahun ini, yakni diare, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), flu Singapura, dan Infeksi Virus Dengue (IVD).

"Dalam momen Lebaran, rentan terjadi peningkatan kasus diare akibat konsumsi makanan yang kurang higienis. Selain itu, ISPA, flu Singapura, dan infeksi virus dengue juga dapat menyerang dengan mudah jika tidak melakukan tindakan pencegahan," ungkap Christine.

Menurutnya, Lebaran menjadi momen yang spesial bagi setiap individu, namun bukan berarti melupakan kewaspadaan terhadap potensi penyakit yang mengintai. Dengan menjaga kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan secara baik, diharapkan warga Kabupaten Blitar dapat merayakan Lebaran dengan aman dan sehat.

"Mari bersama-sama berusaha memerangi penyakit dan merayakan lebaran dengan keluarga. Manakala ada, warga yang sakit disarankan dibawa ke tempat kesehatan terdekat seperti Puskesmas dan Rumah Daerah. Karena, selama Idul Fitri tetap beroperasi normal," imbuhnya.

Christine menambahkan, masyarakat diminta memperhatikan kondisi tubuh jika kurang enak badan lebih baik istirahat dan penuhi gizi seimbang. Diharapkan, seluruh warga Kabupaten Blitar dalam kondisi baik dan sehat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV