SUARA INDONESIA

Optimistis RSUD dr Moh Anwar Sumenep Menuju KJSU KIA, Apa Itu?

Wildan Mukhlishah Sy - 22 July 2024 | 21:07 - Dibaca 1.74k kali
Kesehatan Optimistis RSUD dr Moh Anwar Sumenep Menuju KJSU KIA, Apa Itu?
Direktur Utama RSUD dr Moh Anwar Sumenep, dr Erliyati. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Direktur Utama RSUD dr Moh Anwar Sumenep dr Erliyati, optimistis bahwa rumah sakit daerah yang ia pimpin mampu menuju pelayanan Kanker, Jantung, Stroke dan Uronefrologi, serta Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU KIA).

KJSU KIA sendiri, merupakan program Kemenkes RI. Pelayanan tersebut harus dimiliki oleh rumah sakit seluruh Indonesia pada 2027 mendatang.

Pelayanan tersebut termasuk pengobatan dan operasi kanker, jantung, syaraf, gagal ginjal, batu ginjal, serta kesehatan ibu dan anak.

"Untuk tahun ini mempersiapkan RSUD menuju KJSU KIA. Program dari Kemenkes, di tahun 2027 seluruh rumah sakit harus bisa melayani KJSU KIA," ucapnya.

Perempuan yang akrab disapa Dokter Erly itu mengatakan, realisasi KJSU KIA harus dilakukan secara bertahap, hingga terpenuhi seluruhnya di tahun 2027.

Untuk itu, pada 2024 ini, RSUD dr Moh Anwar Sumenep tengah melakukan persiapan, mulai penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, hingga tenaga kesehatan yang baik.

Terkait tenaga kesehatan, RSUD dr Moh Anwar Sumenep sebelumnya memang memiliki program beasiswa, yakni menyekolahkan tenaga dokter, untuk nantinya kembali mengabdi di rumah sakit tersebut.

"Optimistis. Kita harus optimistis. Maka dari itu, kami siapkan semuanya dari sekarang. Baik sarana prasarana, maupun tenaga kesehatan," ucapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV