SUARA INDONESIA

Warga Mundusewu Jombang Jalani Tradisi Ujung untuk Pemanggil Hujan

Gono Dwi Santoso - 27 August 2023 | 17:08 - Dibaca 863 kali
News Warga Mundusewu Jombang Jalani Tradisi Ujung untuk Pemanggil Hujan
Peserta Ujung saat beradu kekuatan untuk mencabuk dengan rotan di acara Ujung yang di adakan Pemerintah Desa Mundusewu ,Kecamatan Bareng ,Kabupeten Jombang, Minggu (27/08/2023)( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Warga Desa Mundusewu, Kabupaten Jombang tetap menjaga tradisi Ujung sebagai media meminta hujan di musim kemarau.

Tampak ratusan warga memadati lokasi berlangsungnya acara tradisi Ujung yang diadakan Pemerintah Desa Mundusewu, Minggu (27/08/2023).

"Meskipun badan lecet-lecet akibat terkena pukulan rotan, saya merasa bangga dan senang bisa ikut meramaikan tradisi Ujung ini dan berharap supaya tradisi Ujung ini tidak punah," kata salah seorang peserta, Supriyono.

Sementara itu Kades Mundusewu, Anisa mengatakan, tradisi ini merupakan warisan leluhur yang sudah lama tidak terlaksana, dan Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan bersama masyarakat.

"Tradisi Ujung ini dilaksanakan salah satunya untuk meminta hujan agar segera turun karena sudah lama tidak hujan di Desa Mundusewu," jelasnya.

Warga Desa Mundusewu meyakini tradisi Ujung salah satu media untuk meminta hujan turun pada saat musim kemarau panjang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV