SUARA INDONESIA

FKUB Bondowoso Ungkap Nota Berisi Tulisan Al-Quran Surat Al-Qiyamah

Bahrullah - 29 August 2023 | 14:08 - Dibaca 1.35k kali
News FKUB Bondowoso Ungkap Nota Berisi Tulisan Al-Quran Surat Al-Qiyamah
Dr H. Mas'ud Ali Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bondowoso saat memberikan keterangan pers (Foto: Bahrullah/suaraindonesia.co.id)

BONDOWOSO, Suaraindonesia.co.id - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bondowoso, H Mas'ud Ali mengungkapkan nota transaksi pembayaran ternyata berisi potongan tulisan Al Quran surat Al-Qiyamah Juz ke 19 ayat 15, 17, dan ayat 19.

Atas beredarnya video nota transaksi pembayaran berisi potongan tulisan Al Quran surat Al-Qiyamah itu, H Mas'ud Ali meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi.

"Kami minta masyarakat khususnya umat muslim di Bondowoso tetap tenang dan mempercayakan kasus itu semuanya kepada aparat kepolisian," katanya pada Suaraindonesia.co.id, Selasa pagi (29/8/203).

Mas'ud melanjutkan, saat ini polisi sudah bergerak melakukan pemeriksaan terhadap pasangan suami istri (Pasutri) pemilik toko Alat Tulis Kantor (ATK) fotocopy Susana beserta karyawannya.


Toko itu berada di jalan Letjen Suprapto Nomor 153, Kelurahan Dabasah, di depan SMP 4 Bondowoso.

Selain itu, polisi juga sudah menyita barang bukti berupa 5 potongan kertas yang sama dibuat nota yang juga berisi tulisan Al Al-Qur'an, masih belum berstempel toko.

Pihaknya juga meminta agar Polres Bondowoso benar-benar menindak tegas apabila ada unsur yang mengarah menodai Agama Islam.

"Kami meminta agar Polres Bondowoso menindak tegas perbuatan tersebut, sesuai dengan undang - undang yang berlaku, jaka unsurnya masuk," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau masyarakat tetap tenang, semua upaya pemeriksaan harus dipercayakan kepada pihak berwenang.

"Kapolres Bondowoso sudah menyatakan akan memproses sebaik-baiknya dan secara profesional. Kalau ada unsur pidana, maka diproses dan kalau ada unsur kealpaan yang bersangkutan pemilik toko ATK harus meminta maaf pada umat muslim di depan media massa," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, isi kandungan surat surat Al-Qiyamah diantaranya berisi tentang cerita kiamat, kemudian menerangkan bahwa Al Quran telah dihimpun menjadi satu mushaf.

Surah Al Qiyamah terdiri dari 40 ayat. Surah Al Qiyamah masuk dalam golongan surat Makiyyah.

Surah Al Qiyamah merupakan surat yang menggambarkan kedahsyatan hari kiamat. 

"Isi dari surat ini menitikberatkan masalah hari kebangkitan dan hari pembalasan yang termasuk iman," paparnya.

Sementara itu pihak kepolisian masih terus mendalami motif kejadian kasus itu, jika ditemukan tindak pidana maka akan ditindak tegas.

"Memang benar saat ini pemilik toko telah kami lakukan pemeriksaan untuk mengetahui motifnya, total ada 4 orang yang kami periksa," ujar Kapolres Bondowoso, AKBP. Bimo Ariyanto.

Hingga saat ini belum diketahui pasti apa motif penggunaan fotocopy berisi ayat suci Al Quran tersebut yang digunakan sebagai nota transaksi pembelian Isolasi senilai Rp 11 ribu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV