SUARA INDONESIA

Sempat Vakum 4 Tahun, Audisi Kacong Jebbing Bondowoso Kembali Digelar

Bahrullah - 30 August 2023 | 17:08 - Dibaca 1.57k kali
News Sempat Vakum 4 Tahun, Audisi Kacong Jebbing Bondowoso Kembali Digelar
Audisi dan pemilihan Kacong Jebbing Bondowoso, dewan juri saat memilih pasangan peserta terbaik (Foto: Bahrullah/suaraindonesia.co.id)

BONDOWOSO,Suaraindonesia.co.id - Audisi Kacong Jebbing Bondowoso 2023 kembali digelar setelah 4 tahun vakum karena pandemi Covid-19. Acara tahunan yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) ini juga dipersiapkan untuk menyambut Ijen Geopark. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mulyadi MM mengatakan, pada Agustus 2023 digelar kembali audisi Kacong Jebbing Bondowoso.

"Seleksi Kacong Jebbing kali ini diikuti sebanyak 70 pasang. Satu pasang terdiri dari Kacong seorang laki-laki dan Jebbing seorang perempuan," kata Mulyadi MM kepada suaraindonesia.co.id, Rabu (29/08/2023).

Mulyadi menerangkan, dari jumlah 70 pasang peserta yang ikut audisi, akan diambil 10 pasangan terbaik. Setelah itu diseleksi kembali untuk diambil menjadi 5 pasang peserta terbaik.

"Selain postur, busana, dan kelincahan secara personal. Ada 3 kriteria data yang akan dipilih, diantaranya duta wisata, duta kebudayaan, dan duta olahraga," imbuhnya.

Sebanyak 5 pasang itu, lanjut Mulyadi, nantinya akan dipersiapkan untuk menyambut tamu-tamu saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengadakan event-even.

Tak hanya cukup sampai di situ saja, pasangan terbaik yang nanti terpilih Kacong Jebbing Bondowoso 2023 menjadi duta wisata dan menyambut tamu dari berbagai manca negara, hal ini selaras dengan capaian Bondowoso yang sebentar lagi akan mendapatkan sertifikat UNESCO Global Geoparks (UGG).

Dia mengungkapkan, selama 4 hari peserta digodok untuk mendalami betul materi tentang tugas dan fungsi Kacong Jebbing sebagai duta.

Katanya, mereka dituntut betul-betul memahami budaya yang ada di Bondowoso, memahami betul tentang Ijen Geopark. Bahkan mereka itu dituntut hafal di luar kepala tentang jumlah objek wisata di Bondowoso.

Dia mengatakan, pasangan yang terpilih nanti mempunyai tugas dan fungsi untuk menjelaskan secara detail tentang budaya-budaya, objek wisata, dan segala sesuatu potensi yang ada di Bondowoso.

"Seleksi ini Disparpora juga melibatkan komunitas Kacong Jebbing Bondowoso sebelumnya sebagai panitia pelaksana. Disparpora Bondowoso telah melibatkan akademisi dan para pelaku wisata untuk mentoring terhadap para peserta," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV