SUARA INDONESIA

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Banyuwangi, Tanda Pesta Demokrasi Semakin Dekat

Muhammad Nurul Yaqin - 05 September 2023 | 17:09 - Dibaca 1.15k kali
News Kirab Pemilu 2024 Tiba di Banyuwangi, Tanda Pesta Demokrasi Semakin Dekat
Iring-iringan Kirab Pemilu 2024 di Banyuwangi, Selasa (05/09/2023). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Perjalanan Kirab Pemilu 2024 tiba di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Itu setelah konvoi ikon pesta demokrasi melintasi sejumlah wilayah di Tanah Air.

Kirab Pemilu 2024 di Jalur VI ini memulai start dari Nusa Tenggara Timur (NTT) bergerak ke arah barat yakni Nusa Tenggara Barat (NTB), kemudian Bali, lalu masuk Pulau Jawa.

Kirab Pemilu ini membawa 18 bendera partai politik (parpol) yang ikut dalam kontestasi pesta demokrasi 2024 mendatang. Serah terima bendera parpol dari KPU Jembrana, Bali ke KPU Banyuwangi dilakukan di Gesibu Blambangan, Selasa (05/09/2023).

Penyambutan pun berlangsung meriah. Diawali tampilan band cukup tersohor di Banyuwangi, disusul beberapa jenis budaya lokal. Mulai tari Jejer Gandrung hingga tarian Jaran Goyang.

Tidak hanya itu, kedatangan iring-iringan kirab juga diwarnai aksi flashmob massal. Ribuan orang penyelenggara pemilu mulai tingkat desa hingga kabupaten serentak lenggak-lenggok dengan iringan Jingle Pemilu 2024.

Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman mengatakan, kirab ini adalah program nasional yang dilakukan dalam menyongsong 1 tahun menuju peringatan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

"Jadi acara ini bukan sekedar mengirap bendera, melainkan juga bagian sosialisasi pelaksanaan pemilu untuk 2024," cetusnya.

Lewat Kirab Pemilu tersebut, lanjut Dwi, masyarakat lebih tahu parpol apa saja yang ikut hingga kapan pelaksanaan pemilu 2024. Termasuk membawa semangat bagi penyelenggara maupun pemilih.

Selain itu, kirab ini sekaligus mengingatkan partisipasi masyarakat akan kesadaran untuk menggunakan hak suara dalam Pemilu serentak 2024.

"Pemilu adalah pesta seluruh rakyat dan disinilah suara atau hak pilih kita akan menentukan nasib bangsa kedepannya," ungkapnya.

Dwi menambahkan, Kirab Pemilu 2024 di Banyuwangi digelar selama sepekan mulai tanggal 5-11 September 2023. Serangkaian kegiatan telah disiapkan KPU.

Diantaranya mengirapkan bendera parpol ke seluruh kecamatan di Banyuwangi, bertemu media (pers) sebagai penyambung informasi ke masyarakat berkenaan sosialisasi pemilu, ada juga acara senam di Pulau Merah sekaligus bersih-bersih pantai, terakhir meneruskan estafet bendera kirab ke KPU Situbondo.

"Kirab Pemilu ini sekaligus memotret kesiapan semua pihak dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa," pungkasnya.

Tambahan informasi, Kirab Pemilu 2024 di Banyuwangi turut dihadiri Ketua KPU Provinsi Bali, KPU Kabupaten/Kota se-Bali, Ketua KPU Provinsi Jatim beserta jajaran, perwakilan KPU se-Jatim hingga PPK dan PPS se-Kabupaten Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV