SUARA INDONESIA

Pengurus Mappilu PWI Probolinggo Dilantik, Diminta Segera Awasi Proses Pemilu

Lutfi Hidayat - 14 September 2023 | 11:09 - Dibaca 1.18k kali
News Pengurus Mappilu PWI Probolinggo Dilantik, Diminta Segera Awasi Proses Pemilu
Pelantikan Pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya. (PWI Probolinggo Raya untuk Suaraindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Pengurus Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya dilantik.

Pelantikan digelar di ruang serbaguna Paiton Resort Hotel 2 Desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis pagi (14/09/2023).

Mappilu PWI Probolinggo Raya dibentuk sebagai upaya dan langkah mendukung terlindunginya hak politik masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

Disamping itu, Mappilu PWI hadir sebagai lembaga pemantau untuk memastikan terwujudnya Pemilu yang bersih, transparan dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan sistem penyelenggaraannya.

Terdapat 15 orang perwakilan media yang dikukuhkan sebagai pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya. Belasan wartawan itu berasak dari media cetak, siber dan elektronik dengan wilayah tugas Kota/Kabupaten Probolinggo.

Ketua Mappilu PWI Provinsi Jawa Timur, Machmud Suhermono secara langsung melantik Ketua Mappilu PWI Probolinggo, Ahmad Faisol bersama seluruh jajaran pengurusnya.

Machmud Suhermono, mengatakan bahwa keberadaan pers dalam penyelenggaraan Pemilu sangat krusial. Di mana peran pers mampu secara langsung menyampaikan informasi dan perkembangan Pemilu kepada masyarakat luas.

Mappilu, sambung Machmud, kemudian dibentuk dan mulai ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu sejak tahun 2009, 2013 dan 2019. Dia berharap, dengan terbentuknya Mappilu PWI Probolinggo Raya, ke depan bisa turut membantu mensukseskan Pemilu 2024 di wilayah Probolinggo.

"Keunggulan kita, bisa langsung mempublikasikan hasil pemantauan ke publik. Untuk itu, peran media saat ini harus menjadi sarana informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan klarifikator," pesannya.

Sementara, Ketua PWI Probolinggo Raya, HA. Suyuti turut melaunching slogan Mappilu PWI Probolinggo Raya "Siapplu" yang merupakan akronim dari Siap Awasi dan Pantau Pemilu. 
"Kami minta Mappilu Probolinggo Raya segera action," tegasnya.

Ketua Mappilu PWI Probolinggo Raya, Ahmad Faisol mengatakan, melalui Siapplu pihaknya akan merekrut aktivis dan akademisi sebagai anggota Mappilu.

"Kita juga segera mendaftarkan Mappilu sebagai pemantau ke Bawaslu Kota dan Kabupaten Probolinggo," terangnya.

Keunggulan Mappilu, selain pemantau juga merupakan wartawan yang mengangkat pemberitaan agar Pemilu Jurdil dan menghasilkan pemimpin berkualitas.

Berikut daftar susunan pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya, masa bakti 2022-2025:

Penanggung Jawab: HA Suyuti (Harian Radar Bromo dan Ketua PWI Probolinggo Raya), H. Ikhsan Mahmudi (Ngopibareng.id).

Ketua: Achmad Faisol (Harian Duta Masyarakat), Sekretaris: Babul Arifandhie (Kompas TV), Bendahara: Tri Amelia Subandi (Tadatodays.com).

Divisi Pemantauan : Edi Sunarko (Suara Media Nasional), H. Ahmad Taufiq (Aulanews.id), Ahmad Hadari Ashyari (Portal Indonesia.com).

Divisi Pendidikan, Pelatihan, Sosialisasi: Lutfi Hidayat (TV9), Sundari Adi Wardana (Wartabromo.com).

Divisi Informasi Publikasi: Arif Mashudi (Radar Bromo), Zulkiflie (JatimNet.com).

Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum: Achmad Arianto (Radar Bromo), M. Hisbullah Huda (Memo X), Choirul Umam Masduqi (Koran Pantura). (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV