SUARA INDONESIA

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Banyuwangi Gelar Salat Ghaib dan Galang Dana

Muhammad Nurul Yaqin - 03 November 2023 | 19:11 - Dibaca 1.37k kali
News Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Banyuwangi Gelar Salat Ghaib dan Galang Dana
Ribuan warga Banyuwangi gelar salat ghaib untuk Palestina, Jumat (03/11/2023) di Masjid Al Hadi Lateng. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Masjid Al Hadi menjadi saksi solidaritas ribuan warga Banyuwangi untuk Palestina. Di masjid yang terletak di Kelurahan Lateng inilah, berbagai elemen masyarakat, termasuk ulama, mahasiswa, ormas, dan ibu-ibu menggelar salat Ghaib dan menggalang dana kemanusiaan pada Jumat (03/11/2023). 

Aksi tersebut merupakan menindaklanjuti pernyataan sikap Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait konflik Palestina-Israel di Gaza. 

Melalui salat Ghaib ini, mereka menyampaikan doa dan harapan untuk perdamaian dan kesejahteraan bagi warga Palestina yang terkena dampak konflik.

Selain salat Ghaib para ulama hingga warga juga melakukan istighosah dan pembacaan amalan Hizib Nashor.

Amalan itu bertujuan untuk mendoakan para syuhada dan korban jiwa akibat eskalasi kekerasan yang terjadi di Palestina.

"Hizib Nashor ini biasa dibaca oleh kalangan kiai habaib pesantren dalam kondisi darurat," ujar Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini.

Selain itu warga Nahdlatul Ulama juga menggalang dana kemanusiaan untuk membantu warga Palestina dengan dikoordinasikan dengan Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LazisNU).

"Yang bisa kita perbuat hanya mendoakan dan membantu lewat donasi, karena ini yang paling kita mampu," tuturnya.

Gus Makki mengatakan konflik di Gaza sudah begitu memprihatinkan. Pihaknya juga mendorong pemerintah Indonesia terlibat aktif dalam menyudahi konflik antara Israel dan Palestina tersebut. 

"Pemerintah harus mengambil langkah lewat politik luar negeri yang bebas aktif. Itulah senjata pemerintah Indonesia. Jumlah Muslim terbesar di dunia berada di Indonesia. Maka suara Indonesia mestinya sangat didengar oleh negara-negara lain," cetusnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV