SUARA INDONESIA

Promosi Batik Khas Cilacap, Dekranasda Akan Gelar Event Cilacap in Fashion 2023

Satria Galih Saputra - 22 November 2023 | 23:11 - Dibaca 719 kali
News Promosi Batik Khas Cilacap, Dekranasda Akan Gelar Event Cilacap in Fashion 2023
Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kabupaten Cilacap akan menggelar event bertajuk "Cilacap in Fashion 2023" pada 23 November 2023.

Menariknya dalam ajang bergengsi itu, para peserta event akan tampil memukau diatas panggung catwalk dengan mengenakan batik asli dari Cilacap. 

"Jadi tidak hanya sekedar fashion show, namun juga mempromosikan keindahan batik khas Cilacap, sekaligus memberikan dukungan terhadap ekonomi kreatif dan UMKM melalui sektor pariwisata," ungkap Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri, Rabu (22/11/2023). 

Adapun tujuan utama untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam merancang batik yang dapat mencerminkan identitas dan potensi budaya khas Cilacap. 

Lebih lanjut, event yang berlangsung di Pendapa Wijayakusuma Cilacap ini akan menampilkan 10 hasil karya desainer terbaik dengan melibatkan 9 pengrajin batik lokal dalam proses produksi. 

"Peserta dari berbagai pihak, diantaranya anggota Gerakan Organisasi Wanita (GOW), BUMN, BUMD, perusahaan swasta, dan perbankan," jelas Fitri. 

"Nantinya, motif batik terbaik pertama dari lomba tersebut akan dijadikan ikon motif batik khas Cilacap, sebagai bentuk penghargaan terhadap kreativitas masyarakat dalam melestarikan batik tradisional," sambungnya. 

Diharapkan melalui "Cilacap in Fashion 2023" tersebut, dapat menyampaikan pesan bahwa batik Cilacap memiliki desain yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan batik dari Kabupaten/Kota lain di Indonesia.

"Selain itu, acara ini juga menjadi platform penting untuk mensosialisasikan potensi batik khas Cilacap kepada masyarakat luas," ujar Fitri.

Dalam event tersebut, pihaknya juga akan memamerkan kerajinan Bamboo Batik dan Dompet Kerang yang telah menembus pasar ekspor. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV