SUARA INDONESIA

Kabasarnas Kunjungi Posko Siaga di Semarang, Pantau Traffic Jalan dan Antisipasi Kejadian di Masa Pancaroba

Andi Saputra - 29 December 2023 | 06:12 - Dibaca 796 kali
News Kabasarnas Kunjungi Posko Siaga di Semarang,  Pantau Traffic Jalan dan Antisipasi Kejadian di Masa Pancaroba
Kabasarnas Marsekal Madya TNI Kusworo saat mengunjungi posko siaga dalam rangka libur Nataru di area GT Kalikangkung, Semarang, Kamis (28/12/2023). (Foto: Andi Saputra/Suara Indonesia)

SUARAINDONESIA, SEMARANG - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo, mengunjungi posko siaga dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di area GT Kalikangkung, Semarang, Kamis 28 Desember 2023.

Kusworo mengatakan, selain memantau traffic jalan, Basarnas juga mengantisipasi kejadian yang memungkinkan terjadi di masa pancaroba. Sebab saat ini, sudah masuk bulan pancaroba yang dapat mengakibatkan cuaca berubah setiap saat.

"Untuk kondisi arus lalu lintas, selain menggunakan CCTV kami juga tempatkan drone. Apabila ada kerawanan agar mendapatkan penanganan cepat, tepat dan terukur," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga menyiagakan personel 24 jam penuh dan melakukan patroli rutin di sepanjang jalur tol. Bahkan, monitoring dan evaluasi bersama Jasa Marga.

"Selain memantau traffic jalan, kami dari Basarnas juga mengantisipasi segala kejadian-kejadian yang memungkinkan terjadi di masa pancaroba ini," jelasnya.

Dia menambahkan, jajarannya telah mengantisipasi dalam menghadapi bencana alam yang biasanya kerap terjadi di pengujung tahun. Ini berkaca dari bencana banjir yang terjadi di Kota Semarang tahun lalu menjelang tahun baru.

"Dari evaluasi tahun lalu agar lebih mempersiapkan diri. Kami selalu mengantisipasi kejadian terburuk. Meski prediksi BMKG intensitas hujan tidak sebanyak tahun lalu," tuturnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV