SUARA INDONESIA

Sumenep Direncakan Bakal Jadi Tuan Rumah Gelaran Grand Final Duta Budaya Indonesia 

Wildan Mukhlishah Sy - 27 January 2024 | 12:01 - Dibaca 532 kali
News Sumenep Direncakan Bakal Jadi Tuan Rumah Gelaran Grand Final Duta Budaya Indonesia 
Duta Budaya Indonesia, saat berkunjung ke Keraton Sumenep. (Foto: Wildan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Kabupaten Sumenep direncanakan bakal menjadi salah satu venue, dalam gelaran Grand Final Duta Budaya Indonesia, baik di tahun 2024 atau 2025 mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pengawas Yayasan Duta Budaya Indonesia Afrizal Prasadana, saat berkunjung ke Keraton Kabupaten Sumenep, Sabtu (27/01/2024). 

"Rencananya, ini masih tentatif. Karena kita baru mendiskusikannya dengan Wakil Bupati Sumenep. Kalau tidak 2024, 2025 karena kami berharap Sumenep bisa jadi tuan rumah untuk gelaran nasional ini," ungkapnya. 

Menurut pria yang akrab disapa Afrizal tersebut, harapannya bukan tanpa alasan. Pasalnya, kabupaten paling timur di Pulau Madura itu, dinilai memiliki beragam potensi yang mampu menarik pesona masyarakat, terutama jika dilihat dari segi kebudayaan. 

Maka dari itu, sebagai langkah awal, pihaknya bersama perwakilan Duta Budaya Indonesia akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Sumenep dan mempromosikan kesenian budaya khas yang ditampilkan. 

Yayasan Duta Budaya Indonesia juga telah melakukan MoU dengan Pemkab Sumenep, guna melestarikan kebudayaan setempat dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif. 

Dia mengakui, selain kebudayaannya, daya tarik Sumenep memang tidak luput dari beragam destinasi wisata alam. Seperti Gili Labak dan Gili Iyang. 

"Besok kami akan ke beberapa pantai, kami akan promosikan lewat media sosial. Tentunya ini hanya sebagai pembuka, kalau nanti Sumenep menjadi venue Grand Final Duta Budaya Indonesia, kita akan ajak semua Duta Budaya Indonesia untuk berkunjung ke Sumenep, khususnya Gili Iyang," paparnya. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan Pemkab Sumenep siap menjadi wadah beragam pelaksanaan kegiatan yang akan digelar oleh para Duta Budaya Indonesia, baik skala Nasional hingga Internasional. 

Dia juga berharap, agar suatu saat pemilihan Duta Budaya Indonesia dapat diselenggarakan di Kabupaten Sumenep. 

"Silahkan, kapan saja Duta Budaya Indonesia akan melaksanakan kegiatan di Sumenep, baik skala Nasional atau Internasional kami siap. Semoga suatu saat, pemilihan Duta Budaya Indonesia juga bisa dilaksanakan di Sumenep," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV